Rabu, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 Januari 2020

Rabu, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 Januari 2020

Ini Pesan UAS Bagi Generasi Muda

Kamis 22 Agu 2019 22:51 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Andi Nur Aminah

Ustaz Abdul Somad (UAS)

Ustaz Abdul Somad (UAS)

Foto: Republika/Prayogi
UAS juga mengajak mahasiswa untuk profesional dalam bidangnya.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON --- Ustaz Abdul Somad (UAS) memberikan kuliah umum dan tabligh akbar di Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon Kamis (22/8) sore. Dalam kuliah umum dan tabligh akbar itu UAS menyampaikan beberapa hal sekaligus wejangan bagi generasi muda dan para mahasiswa UGJ.

Baca Juga

Dai lulusan Al Azhar Kairo itu mengajak mahasiswa untuk kembali menata tujuan dalam menuntut ilmu. Menurutnya sebagai generasi muda yang tengah menempuh pendidikan sudah semestinya memiliki cita-cita yang luhur dari perjuangannya menuntut ilmu.

“Cita-citanya mesti menyelamatkan umat dari kegelapan menuju terang benderang. Jangan cita-citamu terlalu pendek dan singkat,” kata UAS.

Selain itu, UAS juga mengajak mahasiswa untuk profesional dalam bidangnya. Sehingga dengan profesional pada bidangnya masing-masing dapat bermanfaat bagi kemaslahatan umat.

Lebih dari itu, dalam tablig akbar itu UAS juga mengingatkan kembali jamaah agar menguatkan ibadah. Ia juga mengajak jamaah senantiasa memupuk jiwa untuk bersedekah kepada sesama. Meski demikian, UAS juga menekankan agar sedekah yang diberikan tidak dibarengi dengan kesombongan. “Karena banyak yang sedekah tapi mengungkit-ungkit, batal sedekahnya,” katanya.

Kuliah Umum dan Tabligh Akbar UAS di UGJ dihadiri ribuan jamaah yang datang dari berbagai wilayah. Selaib dari Cirebon, jamaah juga berasal dari Indramayu, Majalengka dan Kuningan. Ceramah UAS juga dihadiri para tokoh ulama Cirebon hingga para Sultan.

Sebelum memberikan ceramah, UAS sempat bersilaturahmi terlebih dulu ke Buya Yahya di LPD Al Bahjah. UAS juga berziarah ke makam Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Selain itu, UAS juga bersilaturrahim dengan para sultan dari keraton-keraton di Cirebon. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA