Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Bos Home Credit, Si Tajir yang Senang Berbagi

Kamis 22 Aug 2019 20:50 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Bos Home Credit, Si Tajir yang Senang Berbagi. (FOTO: Forbes)

Bos Home Credit, Si Tajir yang Senang Berbagi. (FOTO: Forbes)

Petr Kellner memulai kariernya sebagai distributor perlengkapan kantor.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Di antara miliarder dunia yang namanya sering tersorot media, seperti Jeff Bezos, Bill Gates, dan Warren Buffett, ternyata ada miliarder yang jarang terekspos, namun namanya kian setia berada di daftar orang terkaya versi Forbes.

Namanya adalah Petr Kellner. Pria tersebut memiliki harta sebesar US$15,4 miliar atau setara Rp215 triliun. Hartanya yang berlimpah itu ia dapatkan dari hasil investasi PPF yang dirintis sejak 1991 dan menjadi pemegang saham terbanyak Home Credit.

Kellner memulai kariernya sebagai distributor perlengkapan kantor dan mulai membangun bisnis hingga menjadi orang terkaya di Republik Ceko sampai detik ini. Sebagai seorang miliarder, Kellner bukanlah sosok yang angkuh. Ia justru senang membagikan hartanya dan rendah hati.

Baca Juga: Terungkap! Ini Alasan Bill Gates dan Jack Ma Pilih Jadi Filantropi

Home Credit saat ini beroperasi lebih dari 10 negara, termasuk Indonesia. Selain itu, ia juga aktif di industri asuransi hingga kini PPF menjadi pemegang saham tunggal perusahaan asuransi Ceko.

Pria itu juga berfokus pada sektor energi sebanyak 29% kepemilikan industri tersebut. Dia terlibat dalam produksi panas dan listrik, perdagangan listrik, distribusi panas, instalasi listrik, dan bidang terkait lainnya di Republik Ceko.

Perusahaannya juga memproduksi bus. Pembangkit listriknya memasok energi panas bumi ke Praha, dan ke beberapa kota kecil termasuk Plzen, Pardubice, Hradec Kralove, juga ke Chrudim dan Litvinov.

Baca Juga: Henry Fong, Sosok Konglomerat Sepuh yang Penderma

Kellner merupakan miliarder filantropi di berbagai bidang, yakni pendidikan, olahraga, dan budaya. Bahkan, ia juga mendirikan Open Gate Grammar School untuk anak-anak yang kurang mampu, dan sekolah untuk anak-anak cacat.

Dia juga mendukung sejumlah galeri dan teater melalui perusahaannya. Dia menggabungkan Kellner Family Foundation dan Educa, dua yayasannya, untuk membuat satu yayasan besar, yang telah menjadi salah satu donor terbesar untuk pendidikan di Republik Ceko.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA