Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Edukasi Kebencanaan Bisa Kurangi Dampak Bencana Alam

Kamis 22 Agu 2019 18:56 WIB

Rep: Haura Hafidza/ Red: Dwi Murdaningsih

Latihan penanganan bencana (ilustrasi)

Latihan penanganan bencana (ilustrasi)

Foto: ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya
Tahun 2018, terdapat 5.000 korban meninggal akibat gempa bumi dan tsunami.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Republika, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Yayasan Baitul Maal  (YBM) PLN Jakarta menjalin kerja sama untuk memberikan edukasi serta pengetahuan tentang antisipasi bencana alam serta dampaknya. Dengan kerja sama ini diharapkan masyarakat memiliki persiapan jika bencana alam terjadi kepada mereka.

Pelaksana Harian Kepala Pusat Data Informasi (Kapusdatin) dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo, mengatakan, terjalinnya kerja sama ini membuat masyarakat bisa lebih antisipasi jika bencana alam terjadi. Mereka sudah memiliki pengetahuan yang nantinya bisa diterapkan.

Dia mengatakan adanya pengetahuan dan edukasi yang diberikan ke masyarakat bisa mengurangi dampak bencana alam. Sebab, dalam satu tahun ini terdapat 5.000 korban meninggal akibat gempa bumi dan tsunami. Maka dari itu, dengan kerja sama ini diharapkan bisa antisipasi bencana alam terhadap masyarakat.

Baca Juga

photo
Pelaksana harian (plh) Kepala Pusat Data Informasi (Pusdatin) dan Humas BNPB Agus Wibowo (tengah) berbicang bersama Wakil Pemimpin Redaksi Harian Republika Nur Hasan Murtiaji (kiri) dan Ketua YBM PLN Herry Hasanudin (kanan) ketika melakukan pertemuan di Kantor BNPB, Jakarta, Kamis (22/8).


Wakil Pemimpin Redaksi Republika, Nur Hasan Murtiaji, mengatakan, nantinya Republika akan menyediakan sub kanal di Republika.co.id agar masyarakat bisa mengakses informasi serta pengetahuan terkait bencana alam. Sasaran dari sub kanal tersebut adalah keluarga.

"Kami memiliki peran masing-masing BNPB sebagai sumber informasinya, Republika sebagai penyebar informasinya dan YBM PLN sebagai yang mengadakan kegiatan filantropinya. Diharapkan dengan kerja sama ini menghasilkan hasil yang baik terlebih informasi bencana alam dapat dipahami masyarakat," kata dia.

Ketua YBM PLN, Hery Hasanuddin, mengatakan, kerja sama ini merupakan salah satu sinergi dengan Republika dan BNPB agar ke depannya pengetahuan terkait bencana alam bisa membuat masyarakat lebih memahami.

"Publikasi lebih luas serta pemahanan masyarakat tentang bencana alam itu harus di edukasi dari sekarang. Terlebih pencegahannya seperti apa dan pasca setelah kejadian bencana," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA