Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

JK Tinjau Pembangunan Kampus Islam Internasional

Kamis 22 Aug 2019 10:27 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meninjau progress pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Depok, Jawa Barat, Kamis (22/8).

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meninjau progress pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Depok, Jawa Barat, Kamis (22/8).

Foto: Fauziah Mursid / Republika
progres pembangunan kampus Islam Internasional sudah mencapai sekitar 45 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK-- Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meninjau progress pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Depok, Jawa Barat, Kamis (22/8). JK didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Rektor UIII Komaruddin Hidayat tiba di UIII pukul 08.35 WIB dan langsung meninjau tiga titik pembangunan kampus yang dibangun di lahan bekas pemancar RRI, Cisalak, Depok itu.

Baca Juga

Titik pertama kunjungan JK adalah proyek pembangunan pagar keliling dah infrastruktur kawasan kampus UIII tahap 1- Paket III yang dibangun oleh PT Brantas Abipraya. Rencananya akan dibangun pagar sepanjang 3159,49 meter dan panjang trase jalan 2360,33 meter.

Selanjutnya, JK melakukan kunjungan ke titik kedua yakni kontruksi pembangunan perumahan dosen, asrama mahasiswa dan rehabilitasi bangunan MEP. Rencananya di luas bangunan 12.532,96 meter itu akan dibangun 224 kamar untuk non difabel dan 16 kamar untuk difabel.

Kontruksi perumahan dosen dan asrama mahasiswa tersebut dibangun oleh PT Wijaya Karya dengan nilai proyek sekitar kurang lebih Rp154,3 miliar. Dalam kesempatan itu, GM PT Wijaya Karya Divisi pembangunan gedung Asrama Mahasiswa Yulianto menjelaskan saat ini progres sudah mencapai sekitar 45 persen.

"Ini asrama dan ruangan?" tanya JK.

"Iya asrama dan ruangannya ini pak. Kita sudah selesaikan beberapa unit juga, Satu ruangan itu 15 meter untuk satu mahasiswa, dan ada balkon 4 meter persegi. Itu juga sudah cukup nyaman," ujar Yulianto.

Selanjutnya, JK mengunjungi titik akhir kunjungan yakni proyek pembangunan gedung rektorat, gedung fakultas, dan kawasan tiga pilar Kampus UIII. Kontruksi tersebut dibangun oleh PT Waskita dan rencananya akan dibangun gedung rektorat seluas 2.344 meter persegi, gedung fakultas 4889 meter persegi.

Dalam kesempatan itu, JK bertanya mengenai progres pembangunan gedung rektorat dan gedung fakultas.

"Sekitar 7,2 persen pak," jawab Projek Manajer Gedung Rektorat PT Waskita Karya Mahmud Hariono.

"Itu menara itu apakah nanti mengenai bangunan," tanya JK lagi.

"Beberapa ada pak, nanti dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya," jawab Mahmud

Sejumlah pejabat yang mendampingi JK dalam kunjungan antara lain Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, Wali Kota Depok Mohammad Idris dan jajaran dari Kementerian PUPR.

Setelah itu, Wapres dan rombongan beranjak ke Kantor Dewan Masjid Indonesia Jl. Matraman Raya No.43, JakartaTimur dan tiba pukul 10.45.

Di tempat ini, Wapres  yang juga selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) melihat langsung progres perkembangan pembangunannya selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, ia mengunjungi Masjid Istiqlal, Jl.Taman Wijaya Kusuma, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat untuk mengakhiri peninjauan sebelum ke kantor Wapres Jl Merdeka Utara Jakarta Pusat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA