Selasa 20 Aug 2019 16:33 WIB

Diaspora RI Sharing Riset di Universitas Budi Luhur

Kegiatan ini diharapkan berlanjut dengan joint riset dan kesempatan kuliah di Korea.

Red: EH Ismail
Sharing riset di Universitas Budi Luhur Jakarta
Foto: Humas Budi Luhur
Sharing riset di Universitas Budi Luhur Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA — Universitas Budi Luhur Jakarta menyelenggarakan sharing riset dengan diaspora Indonesia bidang data mining, iot, information system, big data, dan industrial artificial intellegent. Acara ini diselenggarakan di Kampus Universitas Budi Luhur Jakarta pada Selasa (20/8). 

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Lab Diplomasi kampus Budi Luhur ini menghadirkan narasumber Dr Mohammad Syafrudin, yang bekerja sebagai peneliti bidang Industrial and System Engineering, Dongguk University Seoul, Korea Selatan. Cendikia muda Indonesia yang akrab dipanggil Mas Udin ini merupakan lulusan UIN Sunan Kalijaga  tahun 2013, yang kemudian bekerja sebagai  peneliti dan melanjutkan studi hingga meraih Ph.D. di bidang Industrial and System Engineering Dongguk University Korea Selatan. 

Riset yang dipaparkan Dr Syafrudin antara lain berjudul: Application of Bluetooth Low Energy-Based Real-Time Location System for Indoor Environments; Detecting Movement and Direction of Tags for RFID Gate dan Radio Frequency Identification. 

photo
Sharing riset di Universitas Budi Luhur.

 

Dia menyampaikan bahwa pendidikan di Korea mengadopsi dan memodifikasi sistem ‘problem base learning’ yang bekerja sama dengan industri. Riset apa yang dibutuhkan industri, itu yang dilakukan di kampus. Sehingga kolaborasi riset sangat biasa dilakukan. Hal lain yang tampak berbeda adalah keamanan data pribadi di Korea sangat dijaga.  Dr. Syafruddin mengharapkan kehadirannya memberi dampak kepada sivitas akademika Universitas Budi Luhur dalam semangat melakukan kolaborasi riset atau pun kerjasama lain.  

Dalam pertemuan ini dosen-dosen UBL juga menggunakan kesempatan untuk menggali informasi di luar riset. Antara lain: kehidupan umum di Korea, cara mendapatkan beasiswa di Korea. Dr. Tjahjanto sebagai penanggung jawab kegiatan ini menyampaikan bahwa sharing riset ini diharapkan dilanjutkan dengan joint riset dan kesempatan kuliah di Korea. Semua ini kami lalukan dalam mendukung pemerintah Jokowi dalam membangun Sumber Daya Manusia Indonesia agar setara dengan SDM negara lain.  

Universitas Budi Luhur merupakan salah satu dari 54 Perguruan Tinggi di Indonesia yang berkesempatan dikunjungi Cendikia Diaspora Kelas Dunia ini. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 40 dosen bidang Information Tehnologi Universitas Budi Luhur. Plt Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Wendi Usino, M.Sc. menyatakan bahwa “ini merupakan kesempatan yang sangat bagus bagi dosen-dosen UBL untuk menjajaki kolaborasi riset dengan berbagai perguruan tinggi di luar negri, khususnya Dongguk University Korea.” 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement