Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Penjual Onderdil di Blok M Mulai Lirik E-Commerce

Jumat 19 Jul 2019 01:12 WIB

Red: Nidia Zuraya

Onderdil motor. Ilustrasi.

Onderdil motor. Ilustrasi.

Foto: Antara
Membuka layanan jual melalui e-commerce bisa memudahkan pembeli dari luar Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian penjual onderdil dan aksesoris mobil di Blok M Square, Jakarta Selatan mulai melirik e-commerce. Para penjual onderdil ini mulai memanfaatkan e-commerce sebagai salah satu wadah pemasaran barang.

"Jual barang secara online cukup membantu. Lumayan, kadang saya kirim barang ke daerah," kata Marlyn, pemilik toko suku cadang mobil Inti Motor, ketika ditemui di Jakarta, Kamis (18/7).

Menurut dia, membuka layanan jual melalui daring juga memudahkan pembeli, terutama dari daerah sehingga dapat memangkas biaya perjalanan ke toko.

Marlyn menyebutkan sejumlah onderdil yang biasanya dibeli lewat daring, seperti busi, vent belt, saringan udara, kampas rem, dan shock breaker, yang tidak terlalu berat.

Ia menjajakan barangnya melalui Tokopedia dan Buka Lapak. Jasa pengirimannya salah satunya menggunakan aplikasi Gojek dan JNE.

"Onderdil yang dibeli biasanya yang ringan-ringan saja, bukan komponen yang berat, seperti blok mesin," katanya.

Ia menambahkan bahwa menjual barang melalui daring juga tidak perlu memanggil montir untuk pemasangan. Kendati demikian, tidak semua pedagang onderdil dan aksesoris di Blok M Square menjual dagangannya melalui daring.

Pemilik Toko New Ramayana Motor Sri mengaku tidak memanfaatkan digital dalam menjual barang dagangannya. "Saya tidak paham yang online-online gitu, saya masih mengandalkan penjualan secara temu langsung aja," katanya.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA