Rabu 21 Aug 2019 05:00 WIB

Peminat Fakultas Filsafat UGM Melonjak

Jumlah peminat jurusan filsafat UGM meningkat setiap tahun.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Ani Nursalikah
Kampus Universitas Gadjah Mada
Foto: Republika/Musiron
Kampus Universitas Gadjah Mada

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dekan Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM) Arqom Kuswanjono mengatakan peminat Prodi S1 Ilmu Filsafat terus meningkat. Tren peningkatan bahkan terjadi beberapa tahun terakhir.

Ia mengungkapkan, pada 2016 pendaftar Fakultas Filsafat mencapai 1.492 orang. Lalu, mengalami peningkatan pada 2018 sebanyak 1.643 dan kembali naik menjadi 2.217 pada 2019.

Baca Juga

"Ada kenaikan jumlah peminat setiap tahunnya, sementara kuota yang disediakan hanya untuk 150 mahasiswa," kata Arqom saat menyampaikan Laporan Dekan 2019 Dies Natalis ke-52, Senin (19/8).

Arqom menyampaikan, hingga kini mahasiswa Fakultas Filsafat yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif program S1 sebanyak 561 orang. Sedangkan, program master 48 orang dan program doktor 42 orang.

Ia menekankan, Fakultas Filsafat UGM terus mendorong dosen-dosennya melakukan penelitian dan publikasi. Pada 2018/2019, tercatat 38 dosen yang hasilkan 72 judul penelitian dan 16 artikel jurnal.

Kemudian, tiga artikel prosiding, tiga buku, satu buku modul dan satu film dokumenter. Arqom menekankan, riset dan publikasi akan terus didorong dari sisi kuantitas dan kualitas.

"Fakultas Filsafat UGM juga memiliki Jurnal Filsafat yang menduduki peringkat satu dalam Portal Garuda Kemenristekdikti dari cuma empat bidang filsafat yang terakreditasi H-indeks 5," ujar Arqom.

Selain menggenjot jumlah dan kualitas riset dan publikasi, ia akan mendorong pengembangan kreativitas mahasiswa. Itu dilakukan melalui pembinaan minat dan bakat berbagai kegiatan kemahasiswaan.

Misalnya, didorong sophiapreneur untuk melatih jiwa kewirausahaan mahasiswa dan pembinaan penulisan ilmiah populer. Serta, penyusunan dan pengajuan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement