Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Sederet Ramalan Bos Teknologi yang Kini Jadi Kenyataan

Selasa 20 Aug 2019 14:19 WIB

Rep: Clara Aprilia Sukandar(Warta Ekonomi)/ Red: Clara Aprilia Sukandar(Warta Ekonomi)

Sederet Ramalan Bos Teknologi yang Kini Jadi Kenyataan. (FOTO: Business Insider)

Sederet Ramalan Bos Teknologi yang Kini Jadi Kenyataan. (FOTO: Business Insider)

Mereka pernah melontarkan gambaran di masa depan yang sekarang menjadi nyata.

Beberapa petinggi teknologi raksasa di dunia ternyata pernah meramalkan perkembangan teknologi yang kini menjadi kenyataan. Sebut saja nama besar seperti Steve Jobs, Bill Gates, dan Jeff Bezos. Mereka pernah melontarkan gambaran di masa depan yang sekarang menjadi nyata.

Melansir dari Business Insider (20/8/2019), berikut beberapa prediksi alias ramalan yang pernah mereka katakan:

1. Steve Jobs

Pada tahun 1984, Steve Jobs pernah mengungkapkan, “Langkah selanjutnya akan ada komputer yang mana akan menjadi sebuah 'agen'. Dengan kata lain, ini seakan-akan bakalan ada seperti orang dalam boks yang akan mengantisipasi apa yang Anda inginkan," ujar Steve Jobs kepada Newsweek's Access Magazine.

Baca Juga: Dear Fresh Graduate, Camkan Petuah Steve Jobs dan Bill Gates Ini

Kenyataannya, iPhone dirilis pada tahun 2007 dengan iOS digital assistant Siri diluncurkan tahun 2010.

Di tahun 1996, Jobs juga mengatakan sesuatu tentang mobil tanpa inventaris, “Misalnya dealer mobil. Begitu banyak uang dihabiskan untuk inventaris - miliaran dolar. Inventaris bukanlah hal yang baik.

Inventaris mengikat banyak uang tunai, itu jadi celah vandalisme, itu menjadi usang. Butuh banyak waktu untuk mengelola. Dan, biasanya, mobil yang Anda inginkan, dengan warna yang Anda inginkan, tidak ada di sana, jadi mereka harus horse-trade," ujarnya kepada Wired.

Di dunia nyata saat ini, Tesla melakukan hal tersebut sejak 2008 di Los Angeles. Pembeli bisa melakukan permintaan kendaraan sesuai yang mereka inginkan lewat sales atau secara online.

2. Bill Gates

Prediksi Bill Gates tahun 1999 tentang iklan di smartphone. Ia meramalkan, “Perangkat akan punya iklan pintar. Mereka akan tahu apa tren belanja Anda dan akan menampilkan iklan yang berdasarkan preferensi Anda," tulis Gates di Business @ the Speed of Thought'.

Saat ini prediksi tersebut terbukti. Iklan yang ditampilkan di smartphone sudah sangat sesuai dengan preferensi pengguna ponsel.

Baca Juga: Bill Gates dan Steve Jobs: Dua Miliarder Anti Kritik

Selanjutnya, Gates menerawang tentang mencari pekerjaan secara online, "Mereka yang mencari kerja bisa menemukan lowongan online berdasarkan mengatakan apa kesukaan mereka, kebutuhan, dan kemampuan spesialisasi," ujar Gates masih dalam Business @ the Speed of Thought'.

Betul adanya. Saat ini banyak orang yang mencari pekerjaan melalui situs online. Salah satunya melalui LinkedIn.

3. Jeff Bezos

Di tahun yang sama dengan Gates meramalkan akan ada iklan di smartphone, Bezos mengungkapkan, "sebagian besar barang yang dibeli di toko -- bahan makanan pokok, produk kertas, barang pembersih, dan sejenisnya -- Anda akan memesan secara elektronik.”

Kenyataannya benar adanya. Kini Amazon Prime Pantry diluncurkan pada tahun 2014, yang menawarkan bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga dengan harga murah dari deterjen hingga sampo. Belanja online secara umum pun menjamur dan jadi salah satu kebiasaan baru masyarakat

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA