Tuesday, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Tuesday, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Ratusan Siswa Berprestasi Indonesia Bertanding di Ruangguru Champion

Selasa 20 Aug 2019 14:59 WIB

Rep: Ning Rahayu(Warta Ekonomi)/ Red: Ning Rahayu(Warta Ekonomi)

Ratusan Siswa Berprestasi Indonesia Bertanding di Ruangguru Champion. (FOTO: Ning Rahayu)

Ratusan Siswa Berprestasi Indonesia Bertanding di Ruangguru Champion. (FOTO: Ning Rahayu)

Ajang cerdas cermat tingkat nasional ini diadakan oleh Ruangguru

Sebanyak 110 siswa/i berprestasi yang terdiri dari 66 siswa SMA dan 44 SMP yang dipilih berdasarkan peringkat rata-rata sekolah dalam Ujian Nasional bertanding di ajang Ruangguru Champion 2019. 

Ajang cerdas cermat tingkat nasional ini diadakan oleh Ruangguru, aplikasi bimbingan belajar terbesar di Indonesia untuk memberikan apresiasi kepada siswa/dan sekolah berprestasi di Indonesia. 

“Kami percaya bahwa Indonesia memiliki anak bangsa yang memiliki prestasi khususnya di bidang pendidikan. Melalui ajang Ruangguru Champion, kami berharap dapat memunculkan tokoh-tokoh pelajar baru yang dapat menjadi inspirasi bagi seluruh pelajar di Indonesia,"  ucap Iman Usman, Pendiri Ruangguru melalui keterangan tertulis (20/8/2019).

Baca Juga: Didukung Yayasan Perusahaan Boy Thohir, PCI Berikan 3.600 Beasiswa di Ruangguru

Kompetisi ini dilaksanakan dalam dua putaran kompetisi, putaran pertama adalah Regional Final yang dilaksanakan pada 18 Agustus 2019, bertempat di Universitas Podomoro, Jakarta. Pada putaran ini, kompetisi akan menggunakan sistem gugur dan akan menghasilkan juara dari 20 siswa/i SMA/sederajat dan 20 siswa/i SMP/sederajat. 

Di putaran ini, pada jenjang SMA hanya akan memperebutkan 1 orang pemenang, sedangkan tiap ronde  pada jenjang SMP akan memperebutkan 2 orang pemenang. Semua pemenang akan mendapatkan tiket menuju National Final di Jakarta dan mendapatkan hadiah sebesar Rp2.500.000.

Putaran kedua adalah, National Final yang akan disiarkan di stasiun televisi GTV di bulan Agustus hingga Oktober 2019. Di putaran ini siswa/i finalis akan memperebutkan hadiah utama sebesar 100 juta rupiah untuk masing-masing jenjang SMP dan SMA. 

Baca Juga: Ruangguru Tambah 4 Fitur Bimbel Online Baru di HUT Ke-5

Selain itu, di dalam rangkaian National Final penonton dapat mendukung finalis favorit mereka melalui aplikasi Ruangguru. Pemenang peserta terfavorit akan mendapatkan hadiah berupa pentas seni (pensi) atau acara sekolah yang akan dibiayai oleh Ruangguru.

Materi kompetisi yang diujikan untuk kategori SMP terdiri dari materi Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum mulai dari materi pelajaran kelas 6 SD-9 SMP (K13 Revisi). Sedangkan untuk kategori SMA, materi terdiri dari Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris dari materi pelajaran kelas 9 SMP-11 SMA. 

Setiap peserta yang mengikuti babak Regional Final akan diberikan voucher paket ruangbelajar dimana peserta dapat mengakses video pembelajaran beranimasi dan latihan soal yang tersedia di aplikasi Ruangguru, sehingga bisa mempersiapkan diri dalam mengikuti kompetisi ini. 

Peserta juga dapat merasakan fitur-fitur baru yang tersedia di dalam aplikasi seperti fitur Smart Recommendation yang dapat memberikan rekomendasi materi belajar Ruangguru Adventure, yang membuat pengalaman belajar terasa seperti sebuah game serta fitur Social Learning, yang membuat setiap pengguna dapat saling berinteraksi dan berdiskusi mengenai pelajaran sekolah dengan pengguna lainnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA