Selasa 20 Aug 2019 00:37 WIB

Mahasiswa ITB Ciptakan Robot Pembasmi Rumput Liar

Robograss dapat ditargetkan mampu dikendalikan dalam jarak lebih dari 100 meter

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani
Kampus ITB
Kampus ITB

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Mahasiswa tingkat akhir Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)-ITB program studi Teknik Elektro yang terdiri dari Tafriyana, Syifauqulub A.N, dan M. Farhan A., menciptakan robot pembasmi rumput liar otomatis yang dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan bantuan sinyal wi-fi. Robot bernama Robograss dibuat menggunakan teknologi laser sebagai pembasmi rumput liar yang pergerakannya dikendalikan dari jarak jauh.

User dapat memilih rumput yang akan dibasmi melalui tampilan yang ada di layar laptop yang dikirimkan oleh Robograss. Setelah itu, user akan dengan mudah membasmi rumput lewat laser. Robograss sendiri menggunakan baterai lithium-polymer 10.000 mAh yang mampu menampung energi untuk penggunaan alat hingga 3 jam dan mode standby hingga 6 jam.

Selain itu, kelebihan yang dimiliki oleh Robograss sendiri adalah pembasmian rumput yang tidak merusak tanaman rumput asli karena dikendalikan oleh user dalam jarak 10-15 meter.

“Untuk kedepannya, Robograss dapat ditargetkan mampu dikendalikan dalam jarak lebih dari 100 meter,” ujar M. Farhan A. Seperti dilansir dalam laman ITB, Senin (19/8).

Robograss dengan prinsip kerja nyalakan, arahkan dan basmi ini, terpilih menjadi salah satu karya yang ikut ditampilkan dalam kegiatan Electrical Enggineering Days 2019  yang berlangsung dari tanggal 5-7 Agustus 2019 di Aula Timur ITB. Kegiatan yang diselenggarakan oleh prodi Teknik Elektro STEI-ITB dan HME-ITB terdiri atas pemeran tugas akhir, Seminar dan Talkshow Teknologi 5G, dan Workshop IoT bersama Ir. Budi Rahardjo. Tidak hanya Robograss, produk-produk teknologi mahasiswa Teknik Elektro lainnya diharapkan mampu menjadi solusi bagi permasahalaan di Indonesia kedepannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement