Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Asli Indonesia, Keluarga Ini Masuk Daftar Keluarga Terkaya Sedunia

Selasa 20 Aug 2019 05:06 WIB

Rep: Clara Aprilia Sukandar(Warta Ekonomi)/ Red: Clara Aprilia Sukandar(Warta Ekonomi)

Asli Indonesia, Keluarga Ini Masuk Daftar Keluarga Terkaya Sedunia. (FOTO: Reuters/Willy Kurniawan)

Asli Indonesia, Keluarga Ini Masuk Daftar Keluarga Terkaya Sedunia. (FOTO: Reuters/Willy Kurniawan)

Keluarga Hartono tergolong baru berada di dalam daftar keluarga terkaya dunia.

Daftar keluarga terkaya di dunia tahun 2019 belum lama ini telah dirilis Bloomberg. Bangganya, ada keluarga asli Indonesia yang masuk ke dalam daftar tersebut dan bertengger di posisi 22, yakni keluarga Hartono.

Melansir dari Bloomberg (19/8/2019), keluarga Hartono tergolong baru berada di dalam daftar keluarga terkaya di dunia.

Tak heran apabila tahun ini keluarga yang dipimpin oleh Hartono bersaudara tersebut tersemat dalam daftar. Pasalnya, kakak-beradik Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono juga merupakan orang terkaya di Indonesia.

Baca Juga: 10 Keluarga Terkaya di Dunia, Ada Keluarga dari Asia Lho!

Kekayaan Michael mencapai 18,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp 261 triliun. Sementara itu, Robert memiliki harta 18,6 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 263,8 triliun.

Keduanya melanjutkan bisnis berupa pabrik rokok Djarum yang didirikan Ayahnya, Oei Wie Gwan pada tahun 1951. Kini bisnis Djarum telah berakar, bukan hanya bisnis rokok, Grup Djarum juga memiliki bisnis lain, salah satunya PT Bank Central Asia Tbk.

Baca Juga: Ini Daftar Keluarga Terkaya di Indonesia

Jika meruntut nama-nama keluarga yang masuk dalam daftar keluarga terkaya, ada keluarga lain yang juga berasal dari Asia selain Keluarga Hartono. Salah satunya adalah Keluarga Al Saud, keluarga kerajaan Arab Saudi yang berada di posisi keempat. Keluarga Al Saud memiliki kekayaan sebesar 100 miliar dolar AS atau setara sekira Rp 1.418 triliun.

Kemudian, ada pula keluarga Ambani dari India yang berada di posisi 9 dengan kekayaan mencapai 50,4 miliar dolar AS atau setara sekira Rp 715 triliun.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA