Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Curahan Hati CEO Apple ke Donald Trump

Senin 19 Aug 2019 15:44 WIB

Rep: Clara Aprilia Sukandar(Warta Ekonomi)/ Red: Clara Aprilia Sukandar(Warta Ekonomi)

Curahan Hati CEO Apple ke Donald Trump. (FOTO: Reuters/Carlos Barria)

Curahan Hati CEO Apple ke Donald Trump. (FOTO: Reuters/Carlos Barria)

CEO Apple, Tim Cook, mencurahkan isi hatinya terkait perang dagang AS-China.

CEO Apple, Tim Cook mencurahkan isi hatinya terkait imbas tarif yang diberlakukan Amerika Serikat (AS) pada barang impor asal China ke Presiden AS Donald Trump. Selain itu, Cook juga membahas soal Samsung.

Melansir dari Reuters (19/8/2019), Trump menyebut Cook punya alasan logis bahwa pemberlakuan tarif bisa melukai Apple dan menguntungkan Samsung. Pasalnya, produk Samsung tidak akan dikenakan tarif yang sama.

Baca Juga: Apple dan Facebook Ada di Urutan Teratas Perusahaan yang Langgar UU Anti-Monopoli

Pemberlakuan tarif tersebut senilai US$300 miliar termasuk perangkat elektronik akan diwujudkan dalam dua tahap, mulai 1 September dan 15 Desember.

"Saya pikir dia (Cook) telah membuat argumen yang sangat menarik, jadi saya berpikir ulang tentang itu," kata Trump, "berat bagi Apple membayar tarif jika mereka berkompetisi dengan sebuah perusahaan yang sangat bagus yang tidak terkena."

Baca Juga: Samsung Ketar Ketir, Harus Bergegas Cari Alternatif Jepang

Produk Apple kena tarif karena sebagian besar dibuat di China dan diimpor ke AS serta negara-negara lain. Sedangkan Samsung membuat gawainya di berbagai negara, termasuk Vietnam dan Korea Selatan, selain China.

Jika tarif diberlakukan, harga produk Apple berpotensi naik. Sementara Samsung yang lebih sedikit kena imbas diuntungkan karena kemungkinan harga produknya sama saja.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA