Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

10 Kampus Terbaik di Jakarta Tahun 2019

Sabtu 17 Aug 2019 15:40 WIB

Red: Gita Amanda

Universitas Bina Nusantara (Binus)

Universitas Bina Nusantara (Binus)

Foto: Wikipedia
Kemenristek Dikti terus mendorong peningkatan kualitas perguruan tinggi di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti) terus mendorong peningkatan kualitas perguruan tinggi di Indonesia. Upaya tersebut dilakukan melalui pemetaan perguruan tinggi yang tertuang dalam program klasterisasi 100 perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2019.

Baca Juga

Berdasarkan data tersebut tergambar penyebaran perguruan tinggi yang terbaik di berbagai daerah, termasuk kota Jakarta. Bagi calon mahasiswa di wilayah Jakarta dan sekitarnya, berikut 10 perguruan tinggi yang dapat jadi pilihan berkuliah;

1. Universitas Bina Nusantara (20 nasional)

2. Universitas Katolik Indonesia Atmajaya (32 nasional)

3. Universitas Tarumanagara (34 nasional)

4. Universitas Trisakti (42 nasional)

5. Universitas Pancasila (45 nasional)

6. Universitas Mercu Buana (49 nasional)

7. Universitas Gunadharma (55 nasional)

8. Universitas Al Azhar Indonesia (69 nasional)

9. Universitas Multimedia Nusantara (73 nasional)

10. Universitas Swiss German (74 nasional)

Pengamat pendidikan dari Institute for Development of Policy and Local Partnership (IDP-LP), Fajar Agung menilai klasterisasi perguruan tinggi yang dilakukan Kementerian Ristek Dikti merupakan langkah tepat memotret perguruan tinggi secara nasional. Sekaligus memetakan secara kewilayahaan yang bisa menjadi potret kerja dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) sebagai lembaga pembina, monitoring dan peningkatan mutu.

“Pemetaaan perguruan tinggi dari hasil Kemenristekdikti itu bisa ditarik sebagai gambaran kerja LLDIKTI pada wilayahnya. Seperti LLDIKTI wilayah III, Jakarta ini,” ujar Fajar Agung dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (17/8).

Menurutnya dalam UU No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menjelaskan fungsi dan peran LLDIKTI, antara lain memetakan mutu pendidikan tinggi, memfasilitasi peningkatan mutu melalui penjaminan mutu eksternal, mengevaluasi dan melaporkan peningkatan mutu perguruan tinggi. Sekaligus memiliki fungsi pengelolaan data dan informasi di bidang pendidikan tinggi serta pelaksanaan administrasi LLDikti.

Tentu saja, lanjut dia bagi calon mahasiswa di Jakarta akan lebih mudah pula untuk memilih kampus idamannya. Terutama pada kampus yang secara data memang menunjukan peningkatan pretasi seperti Universitas Mercu Buana atau kampus lainnya di Jakarta.

Fajar memberi apresiasi atas upaya pemerintah menerbitkan klasterisasi peguruan tinggi yang memudahkan bagi masyarakat melihat kondisi perguruan tinggi di sekitarnya. Tentu keberhasilan ini harus terus ditingkatkan melalui penambahan indicator keberhasilan perguruan tinggi. 

“Masyarakat perlu menjadikan data ranking atau klasterisasi ini sebagai acuan untuk kuliah,” tegasnya.

Sedangkan bagi kampus yang belum mendapatkan ranking, dia berharap tidak berputus asa. Upaya yang paling mudah adalah melakukan kunjungan atau dialog ke kampus yang sudah mendapatkan prestasi. Dari situlah dapat melakukan modifikasi untuk mencapai ranking.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA