Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Jonan Pimpin Apel HUT RI di Freeport Indonesia

Sabtu 17 Aug 2019 13:14 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Gita Amanda

Pekerja memeriksa proses pengolahan biji tambang untuk memisahkan mineral berharga dari pengotornya (Sellplotasi) PT Freeport Indonesia, Tembagapura, Mimika, Papua.

Pekerja memeriksa proses pengolahan biji tambang untuk memisahkan mineral berharga dari pengotornya (Sellplotasi) PT Freeport Indonesia, Tembagapura, Mimika, Papua.

Foto: Musiron/Republika
Jonan meminta PTFI terus mengembangkan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memimpin apel HUT Kemerdekaan RI ke-74, di area PT Freeport Indonesia (PTFI), Papua. Dalam kesempatan tersebut, Jonan meminta PTFI terus mengembangkan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Dalam HUT Ke-74 RI yang mengusung tema pengembangan sumber daya manusia, Jonan menyampaikan bahwa sesuai arahan Presiden Jokowi, Indonesia kini wajib mengembangkan potensi anak bangsa agar dapat mengikuti perkembangan zaman dan globalisasi yang berubah dari waktu ke waktu. berkaitan dengan tersebut Menteri Jonan meminta agar PT FI tetap terus mengembangkan SDM yang ada.

"Kepada PTFI agar bisa terus dapat mengembangkan anak bangsa dan berpartisipasi dalam operasi PT Freeport Indonesia baik di Tembagapura atau di lokasi yang lain," ujar Jonan dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (17/8).

Pada apel yang berlangsung selaku inspektur upacara, Jonan mengatakan bahwa kemerdekaan bukanlah sekedar anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, namun juga melalui perjuangan panjang yang diperoleh dengan tetesan darah dari para pahlawan bangsa. Para Pejuang kita, kata dia, telah mengorbankan segala daya dan upaya melalui harta benda, pikiran, bahkan nyawa demi merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa.

Selanjutnya Jonan mengatakan bahwa kehadiran seorang pemimpin bangsa Indonesia untuk memimpin apel upacara di PT Freeport ini setelah hampir 50 tahun beroperasi di Indonesia merupakan sebuah kebanggaan.

"Akhir tahun lalu, 51 persen saham PT Freeport Indonesia kembali ke Indonesia. Saya mengucapkan terima kepada rekan-rekan yang bekerja di sini, kepada PT Freeport McMoran dan rekan-rekan tenaga kerja asing yang telah membantu PT Freeport di Indonesia selama ini," ujar Jonan.

Sebagai catatan, pelaksanaan apel upacara di perusahaan tambang terbesar di Indonesia ini merupakan yang pertama kalinya dipimpin seorang menteri sejak perusahaan tersebut beroperasi di Indonesia pada 1967 silam. Adapun apel HUT ke-74 RI dilaksanakan di Lapangan Sport Hal 68, Tembagapura, Papua. Apel dihadiri Presiden Direktur PT FI, Toni Wenas dan jajaran pimpinan PT FI. Sekitar 950 orang yang terdiri dari karyawan Freeport, masyarakat dan komunitas setempat, sekolah-sekolah, TNI dan Polri juga hadir pada upacara ini.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA