Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

IPB Kembali Raih Peringkat Ketiga PTN Terbaik di Indonesia

Jumat 16 Aug 2019 20:59 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Maman Sudiaman

Rektor IPB Arif Satria bersama Menristekdikti M Nasir

Rektor IPB Arif Satria bersama Menristekdikti M Nasir

Foto: dok IPB
Rektor IPB juga ingin memotivasi generasi muda terhadap pertanian Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali mendapatkan peringkat ketiga PTN  terbaik di Indonesia. Posisi pertama dan kedua didapatkan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Peringkat tersebut ditetapkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) berdasarkan Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia tahun 2019, pada Jumat (15/8) di Jakarta. Klasterisasi perguruan tinggi di Indonesia dimaksudkan dalam rangka mendorong agar perguruan tinggi di Indonesia semakin maju dan mendunia.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir, mengatakan, pemeringkatan dan klasterisasi ini sangat penting sebagai bentuk evaluasi terhadap kinerja perguruan tinggi di Indonesia. "Dengan adanya klasterisasi dan pemeringkatan ini diharapkan perguruan tinggi di Indonesia semakin baik, maju, dan mendunia," kata dia.

Nasir menambahkan terdapat empat kriteria utama yang digunakan dalam klasterisasi ini yaitu input, proses, output, dan outcome. Persentase outcome paling besar karena dari outcome inilah peran perguruan tinggi dapat terlihat di masyarakat.

photo

IPB raih peringkat ketiga sebagai PTN terbaik di Indonesia

Kemudian, lanjut dia, ada indikator baru, yang digunakan dalam penilaian tahun ini, yaitu jumlah dosen asing, pembelajaran daring, kelengkapan laporan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti), laporan keuangan, persentase lulusan yang memperoleh pekerjaan selama enam bulan, jumlah sitasi per dosen, dan jumlah patent per dosen. "Selamat kepada perguruan tinggi yang telah memperoleh prestasi yang baik ini, mudah-mudahan dengan mendapat prestasi membanggakan ini, perguruan tinggi semakin lebih baik dan semakin mendunia," ujar dia.

Rektor IPB, Dr. Arif Satria mengatakan, sebuah penghargaan IPB kembali masuk tiga besar PTN terbaik di Indonesia. Semua yang didapatkan hasil kerja keras dan usaha yang kuat dengan semua pihak IPB."Saya senang dan bangga. Alhamdulillah IPB kembali masuk tiga besar perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, ini adalah sebuah penghargaan dari Ristekdikti yang merupakan hasil kerja keras kami semua," ujar dia dalam siaran persnya, hari ini.

Menurutnya, prestasi membanggakan ini diperoleh atas kinerja IPB di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, manajemen perguruan tinggi, dan termasuk unggulan inovasi. Dengan diperolehnya prestasi membanggakan ini, ia berharap dapat memotivasi seluruh warga IPB untuk terus berupaya semakin maju dan semakin profesional.

Atas prestasi yang diperoleh IPB,katanya, ia juga ingin dapat memotivasi para generasi muda untuk meningkatkan perhatiannya terhadap pertanian Indonesia. "Mestinya prestasi ini juga dapat menjadi perhatian bagi siswa-siswi SMA di seluruh penjuru nusantara. Diharapkan siswa-siswi terbaik dapat masuk IPB untuk memajukan pertanian Indonesia," kata Arif.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA