Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Tidak Hanya Butuh Modal, UMKM Butuh Pendampingan

Sabtu 17 Aug 2019 11:42 WIB

Rep: Ning Rahayu(Warta Ekonomi)/ Red: Ning Rahayu(Warta Ekonomi)

Tidak Hanya Butuh Bantuan Modal, UMKM Butuh Pendampingan Pemerintah. (FOTO: Kemenkop dan UKM)

Tidak Hanya Butuh Bantuan Modal, UMKM Butuh Pendampingan Pemerintah. (FOTO: Kemenkop dan UKM)

UMKM memang butuh modal namun pendampingan juga sangat penting.

CIANJUR -- CEO Lunas, Syamsul Hadi menegaskan, insentif yang diberikan pemerintah memang digunakan secara efektif. Namun demikian, bantuan permodalan dari pemerintah tersebut, ternyata bukanlah satu-satunya yang dibutuhkan para wirausaha pemula. Proses bisnis mereka, katanya, juga membutuhkan dukungan dari pihak lainnya. 

"Di sinilah permasalahannya. Mereka tidak bisa mencari dukungan dari luar pemerintah, karena para wirausahawan pemula tidak memiliki forum atau semacam komunitas sebagai wadah untuk mengkomunikasikan permasalahan mereka," ujar Syamsul dalam Focus Group Disscusion (FGD) dengan pembahasan seputar penguatan komunitas Wirausaha Pemula atau New Entrepreneurs Society (NES) yang mengambil tema "Pentahelix untuk Penguatan Komunitas Wirausaha Pemula", di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (15/8/2019).

Baca Juga: Sebut Koperasi di Indonesia Semakin Berkualitas, LPDB-KUMKM Berikan Bimtek Dana Bergulir

Dia juga mengatakan, output dari program wirausaha pemula yang dimiliki pemerintah, bukan sekadar mereka sudah menerima dana, tetapi bagaimana dana yang diberikan itu dikelola dengan baik dan berkembang, sekaligus bisa menginspirasi yang lainnya.

"Karenanya, kita mendorong mereka untuk mengorganisir dirinya sendiri dengan membentuk komunitas. Ini penting, agar mereka bisa menyuarakan kebutuhannya. Misalnya soal legalitas kelembagaannya, akses pasar, perbaikan proses produksi, dan kebutuhan yang diperlukan lainnya," ujar dia.

Pada kesempatan lain Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur, Himam Haris mengatakan, wirausaha pemula yang ada di kabupaten Cianjur, memang selama ini memerlukan pendampingan serta pelatihan yang memadai. Hal itu diperlukan agar mereka lebih meningkatkan produktifitas bisnisnya ke arah yang lebih baik.

"Saya selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM di Kabupaten Cianjur, tentu sangan mendukung dengan adanya komunitas bagi wirausaha pemula seperti ini. Wadah ini jelas akan memudahkan bagi mereka, termasuk bagi pemerintah dan pihak lainnya dalam mengkomunikasikan permasalahan atau kebutuhan yang diperlukan mereka," ujar Himam.

Baca Juga: Peringati Harnas UMKM, Diaspora Indonesia Gelar Seminar Nasional

Dia mengatakan, pemerintah daerah selama ini memiliki komitmen terhadap wirausaha pemula. "Jangan sampai mereka yang sudah diberikan kesempatan untuk berusaha, justru kemudian mundur. Makanya mereka harus terus dibimbing, diberikan pelatihan dan pendampingan agar mereka tetap eksis menjalankan usahanya," ujar Himam menambahkan.

Yang jelas, kata Himam, wirausaha pemula harus bisa mengorganisasikan diri agar memiliki jaringan usaha yang luas sehingga naik kelas. karena itu dia berharap mereka saling membangun kemandirian antar anggota komunitas dan mampu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi wirausaha pemula bersama-sama.

"Memang sih, diperlukan inisiatif dan kreativitas para wirausaha pemula, sehingga tumbuh sikap mandiri dalam menangkap berbagai peluang usaha yang ada,” katanya lebih lanjut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA