Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Sempat Disangka Abal-Abal, Ini Cerita Sukses America Online

Sabtu 17 Aug 2019 01:19 WIB

Rep: Clara Aprilia Sukandar(Warta Ekonomi)/ Red: Clara Aprilia Sukandar(Warta Ekonomi)

Sempat Disangka Abal-Abal, Ini Cerita Sukses America Online. (FOTO: Yahoo Finance)

Sempat Disangka Abal-Abal, Ini Cerita Sukses America Online. (FOTO: Yahoo Finance)

Saat America Online baru melantai di bursa, investor memandang sebelah mata.

Perusahaan internet dan telekomunikasi America Online (AOL) yang kini digunakan jutaan orang Amerika ternyata sempat diragukan banyak orang. Bahkan, banyak yang menyangka ini perusahaan jasa komputer abal-abal.

CEO AOL Steve Case membagikan ceritanya tentang perjalanan sukses perusahaan yang menjadi ikon di era 1990-an seperti yang dimuat Business Insider. AOL menjadi perusahaan go public di bursa saham AS pada Maret 1992.

Case bukan insinyur, melainkan seorang visioner dan ahli strategi. Di awal usia 20-an, Case membaca buku futuris Alvin Toffler The Third Wave yang membayangkan di mana orang-orang dapat menggunakan komputer untuk berkomunikasi dengan semua orang di seluruh dunia.

Baca Juga: Dramatis! Kisah Mantan Miliarder Termuda, dari Kaya Raya, Menipu, Lalu Bangkrut Jua

Menurut Case itu tampak seperti ide liar dan hampir tidak memiliki keterampilan untuk mewujudkannya. Tetapi dia tahu bahwa hal tersebut bisa dan harus membantu mewujudkannya melalui AOL.

Saat AOL baru melantai di bursa, investor kala itu masih memandang sebelah mata dan tak ada yang percaya bahwa perusahaan ini akan besar.

"Tidak ada yang benar-benar peduli. Sebagaian besar melihat seperti beberapa perusahaan jasa komputer kecil yang unik dan go public," ujarnya.

Baca Juga: Kisah Sukses Theodore Rachmat, dari Sales Kini Jadi Konglomerat

Perusahaan ini berdiri pada 1985 dan bernama Quantum Computer Service awalnya. Lambat laun, namanya pun berganti menjadi AOL dan kini telah menjadi raksasa berkat ketekunan dan kesabaran merintisnya.

"Masuk satu dekade setelah AOL dimulai. Ketika akhirnya merasa kesuksesan," tuturnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA