Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Mendagri Imbau Masyarakat Saksikan Pidato Kenegaraan Jokowi

Kamis 15 Aug 2019 14:43 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Andi Nur Aminah

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

Foto: Republika TV/Muhamad Rifani Wibisono
Rencananya dalam pidato itu akan disampaikan pengumuman ibu kota baru Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengimbau masyarakat untuk menyaksikan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (16/8) pagi. Dalam pidato tahunan ini rencananya akan disampaikan pengumuman ibu kota baru Indonesia.

Baca Juga

Imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 111.1.7937/SJ tertanggal 15 Agustus tentang imbauan menyaksikan pidato tahunan, pidato kenegaraan, dan nota keuangan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020 oleh Presiden. "Untuk mendukung upaya penyebarluasan informasi terkait kegiatan yang dimaksud, diimbau agar dapat memerintahkan jajaran pemda untuk menyaksikan seluruh rangkaian pidato tahunan, pidato kenegaraan dan nota keuangan RABPN 2020 oleh Presiden," ujar Tjahjo sebagaimana dikutip dari SE tersebut, Kamis (15/8).

Tjahjo pun mengimbau pemda untuk menyebarluaskan informasi ini kepada masyarakat. "Menugaskan pejabat yang membidangi kehumasan untuk dapat menyampaikan kepada masyarakat luas kegiatan kenegaraan yang dimaksud di daerah masing-masing," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, menjelang detik-detik HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan. Rencananya, pidato yang mengangkat tema "SDM Unggul, Indonesia Maju" akan disampaikan di Ggedung MPR, Senayan, Jumat pagi. 

Dalam pidato tersebut juga akan dibacakan nota keuangan dan RAPBN 2020. Sementara itu, menurut Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, dalam pidato nantinya juga akan diumumkan wilayah Kalimantan mana yang akan menjadi ibu kota baru Indonesia. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA