Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

Kemenkop UKM Serahkan Bantuan untuk 12 Wirausaha Pemula

Ahad 18 Agu 2019 13:33 WIB

Rep: Ning Rahayu(Warta Ekonomi)/ Red: Ning Rahayu(Warta Ekonomi)

Kemenkop UKM Serahkan Bantuan untuk 12 Wirausaha Pemula di Cianjur. (FOTO: Kemenkop dan UKM)

Kemenkop UKM Serahkan Bantuan untuk 12 Wirausaha Pemula di Cianjur. (FOTO: Kemenkop dan UKM)

Wirausaha pemula mendapat prioritas untuk dibimbing dan diberi pasar lebih luas.

Dalam acara peringatan Hari UMKM Nasional yang dipadukan dengan Hari Jadi ke 342 Kota Cianjur, di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (15/8/2019), Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Indrawan, menyerahkan bantuan kepada 12 Wirausaha Pemula (WP) di Kabupaten Cianjur. Bantuan tersebut, berupa modal awal bagi mereka yang baru memulai usahanya.

"Bantuan itu kita berikan kepada Wirausaha Pemula yang sudah menjalani proses sebelumnya, seperti pelatihan dan pendampingan. Setelah mereka siap usaha dengan perencanaan yang matang, kita berikan bantuan hibah dana untuk modal usaha. Mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat bagi mereka yang baru memulai usaha. Diharapkan mereka dapat berkembang menjadi usaha mikro nantinya," ujar Rully.

Baca Juga: Kemenkop dan UKM Ajak Kepala Daerah Bantu Kembangkan UMKM

Menurut dia, besarnya peran UMKM, ternyata tidak saja di dalam negeri, baik perannya terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan penyerapan tenaga kerja, termasuk berbagai indikator makro ekonomi lainnya, tetapi terjadi juga terjadi di berbagai negara, seperti Jepang, Jerman dan sejumlah negara maju lainnya. 

"Jadi tidak boleh beranggapan bahwa pelaku usaha mikro itu kecil. Tidak apa-apa, hari ini usaha mikro, besok bisa naik kelas menjadi usaha kecil, dan terus akan meningkat lagi menjadi usaha menengah. Artinya, tidak ada sesuatu yang besar dimulai tanpa upaya yang keras, dimulai yang mikro, kemudian kecil, menengah dan akhirnya menjadi besar atau konglomerasi. Bukan tidak mungkin akan terjadi seperti itu," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA