Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Samsung Gandeng Tangan Xiaomi, Kolaborasi Apa Ya?

Kamis 15 Aug 2019 08:37 WIB

Rep: Tanayastri Dini Isna(Warta Ekonomi)/ Red: Tanayastri Dini Isna(Warta Ekonomi)

Samsung Gandeng Tangan Xiaomi, Kolaborasi Apa Ya?. (FOTO: Twitter)

Samsung Gandeng Tangan Xiaomi, Kolaborasi Apa Ya?. (FOTO: Twitter)

Samsung telah bekerja sama secara erat dari tahap konseptual awal.

Samsung Electronics mengenalkan sensor gambar seluler 108 MP, ISOCELL Bright HMX. Dalam pengembangan sensor itu, Samsung berkolaborasi dengan Xiaomi Corp.

Dengan sensor itu, Samsung akan memperluas penawaran sensor gambar 0,8 μm dari 64 MP menjadi 108 MP, resolusi yang setara dengan kamera DSLR kelas atas.

"Melalui kerja sama dengan Xiaomi, ISOCELL Bright HMX jadi sensor gambar seluler pertama yang mengemas lebih dari 100 juta piksel dan memberikan reproduksi warna yang tak tertandingi dan detail yang memukau dengan teknologi Tetracell Plus dan ISOCELL Plus yang canggih," kata Wakil Presiden Eksekutif Bisnis Sensor, Samsung Electronics, Yongin Park dalam keterangan tertulis di blog resmi Samsung, dilansir Kamis (15/8/2019).

Baca Juga: Samsung Ketar Ketir, Harus Bergegas Cari Alternatif Jepang

Jumlah piksel itu memungkinkan hasil foto menjadi tajam dan detail, bahkan dalam pencahayaan yang kurang karena sensor berukuran 1/1,33 inci, membuatnya menyerap lebih banyak cahaya. Teknologi Tetracell memungkinkan sensor meniru sensor piksel besar.

"Untuk ISOCELL Bright HMX, Xiaomi dan Samsung telah bekerja sama secara erat dari tahap konseptual awal hingga produksi yang menghasilkan sensor gambar 108 MP yang inovatif. Resolusi gambar yang sebelumnya hanya tersedia di beberapa kamera DSLR tingkat atas sekarang dapat dirancang dalam smartphone," tambah salah satu Pendiri dan Presiden Xiaomi, Lin Bin.

Lebih lanjut, sensor itu memiliki mekanisme Smart-ISO dapat memilih tingkat penguatan amplifier sesuai dengan pencahayaan lingkungan untuk konversi sinyal cahaya-ke-listrik yang optimal, beralih ke ISO rendah untuk meningkatkan saturasi piksel dan menghasilkan foto yang jelas.

Baca Juga: 30% Penggunanya Pakai Xiaomi, Smartfren Akhirnya Ambil Langkah Ini!

Mekanisme itu juga akan memilih ISO tinggi dalam cahaya yang lebih gelap sehingga dapat mengurangi noise dan menghasilkan gambar yang lebih jelas. Untuk pembuatan film tingkat lanjut, HMX mendukung perekaman video pada resolusi hingga 6K (6016 x 3384) 30-frame-per-detik (fps).

Teknologi ISOCELL pertama kali diumumkan pada 2013. Dengan teknologi itu, Samsung memperkenalkan sensor gambar 1.0μm-piksel pertama di industri pada 2015 dan sensor 0,9-piksel pada 2017. Pada Juni 2018, Samsung memperkenalkan teknologi isolasi piksel yang telah diperbarui, ISOCELL Plus.

Produksi massal Samsung ISOCELL Bright HMX akan dimulai akhir bulan ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA