Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

JK: Maknai Idul Adha dengan Kesabaran dan Keikhlasan

Senin 12 Aug 2019 00:22 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita

Wakil Presiden Jusuf Kalla (kedua kiri) bersama Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman (kiri) menyalami jemaah shalat Idul Adha 1440 H saat tiba di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (11/8/2019).

Wakil Presiden Jusuf Kalla (kedua kiri) bersama Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman (kiri) menyalami jemaah shalat Idul Adha 1440 H saat tiba di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (11/8/2019).

Foto: Antara/Arnas Padda
Sebagai pejabat publik, Idul Adha menjadi momen pengabdian kepada masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengajak untuk memaknai Hari Idul Adha 1440 Hijriah. Menurut JK, Idul Adha bukan hanya untuk berkurban, tetapi lebih juga ujian kesabaran dan keikhlasan untuk mendapat ampunan dan ridho Allah SWT.

"Idul Adha bukan sekedar berkurban dengan sapi atau kambing, tetapi bagaimana mendapat pengampunan dan lindungan untuk kita umat manusia," ujar JK sebelum menunaikan sholat Idul Adha di Lapangan Karebosi, Makassar, Ahad (11/8) dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Ahad sore.

Baca Juga

JK juga menyatakan suka citanya dan rasa syukur dapat melaksanakan sholat Idul Adha bersama masyarakat Kota Makasaar dan sekitarnya. Ia pun mengenang saat menghabiskan masa mudanya di tempat itu.

"Saya masih ingat pada masa muda mengurus tempat ini setiap tahunnya, karena itulah saya merasa sangat berbahagia dapat hadir lagi dalam acara yang seperti ini," kata JK.

Di hadapan ribuan Jamaah yang hadir, JK juga mengatakan sebagai pejabat publik, momentum Idul Adha menjadi cara bagaimana mengabdi dengan baik kepada masyarakat. "Bagi kita semua bagaimana mengabdi kepada masyarakat, semua itu adalah pengorbanan yang patut kita jalankan bagi kita semua," kata JK.

JK berharap Indonesia selalu aman, damai dan tentram, serta tetap bisa berbagi kebaikan kepada semuanya. Ia juga tak lupa mendoakan  para jemaah haji yang tengah beribadah di Tanah Suci.

"Semoga juga jemaah haji Indonesia mabrur, semua pulang dengan selamat setelah menjalankan ibadah sebaik-baiknya," do'anya. 

Usai Sholat, JK juga menyerahkan hewan kurban sapi kepada panitia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA