Ahad 11 Aug 2019 17:15 WIB

Aliansi Perguruan Tinggi BUMN Gelar Lomba Lari

Aperti BUMN Run 2019 diharapkan diikuti 3.000 peserta.

Para pimpinan dari tujuh perguruan tinggi terafiliasi BUMN (Aperti BUMN) hadir pada acara Road to Aperti BUMN Run 2019 di Jakarta, Selasa (6/8).
Foto: Dok Aperti BUMN
Para pimpinan dari tujuh perguruan tinggi terafiliasi BUMN (Aperti BUMN) hadir pada acara Road to Aperti BUMN Run 2019 di Jakarta, Selasa (6/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Untuk pertama kalinya, Aliansi Perguruan Tinggi di bawah naungan Badan Usaha Milik  Negara (Aperti  BUMN) akan menyelenggarakan kegiatan Aperti  BUMN Run 2019. Acara tersebut akan digelar Pantai Festival  Ancol, Jakarta, Ahad, 6 Oktober 2019.

Kegiatan ini dapat diikuti oleh masyarakat umum dengan dua  format lari, yakni 5K dan 10K. “Kegiatan yang diselenggarakan dengan total hadiah senilai Rp 72 juta ini diharapkan dapat diikuti oleh 3.000  peserta dari seluruh kalangan, baik pelajar, mahasiswa, dosen, eksekutif/profesional dan umum,” kata Prof  Dr  Adiwijaya, selaku wakil ketua  Aperti BUMN dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (9/8).

Ia menyebutkan, Aperti BUMN Run 2019 direncanakan akan dibuka oleh Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno didampingi oleh seluruh  pimpinan perguruan tinggi Aperti BUMN dan perwakilan BUMN terkait.

Aperti BUMN beranggotakan tujuh perguruan tinggi yang terafiliasi BUMN, yakni: Universitas  Pertamina, Telkom University, STT PLN, Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Sekolah  Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG), Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS) dan Institut Teknologi  Telkom Surabaya. 

photo
Panitia menjelaskan perihal Aperti BUMN Run 2019.

Setelah sukses dengan penyelenggaraan Beasiswa Aperti  BUMN 2019 pada bulan  Juni 2019 lalu -- yang diikuti oleh lebih dari 49 ribu  pendaftar dari seluruh Indonesia -- aliansi ini ingin meningkatkan eksistensi kepada masyarakat umum melalui kegiatan-kegiatan yang positif. 

“Aperti BUMN berupaya untuk semakin dikenal masyarakat sebagai suatu keluarga perguruan tinggi yang terafiliasi BUMN dan memberikan manfaat secara langsung maupun tidak langsung kepada  masyarakat melalui pengembangan sumber daya manusia yang menjunjung Tri Darma Perguruan  Tinggi. Melalui kegiatan olahraga lari ini, Aperti BUMN mengajak masyarakat tak hanya menjadi manusia yang  cerdas tapi juga menjadi insan yang sehat,” tutur  Adiwijaya.

Ia mengemukakan, dengan kelebihan kondisi geografis para anggota Aperti  BUMN yang tersebar di beberapa  provinsi, yakni Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur, diharapkan jumlah peserta yang mengikuti  kegiatan ini tidak didominasi dari Jakarta saja, namun dapat merata dari setiap daerah. 

Ia menyebutkan, pengambilan racepack bagi para peserta yang sudah mendaftar dapat dilakukan di Universitas  Pertamina yang berlokasi di Simprug, Jakarta Selatan, pada 3-4 Oktober 2019.

“Setelah penyelenggaraan  Aperti  BUMN RUN 2019, diharapkan akan banyak kolaborasi dari berbagai bidang dilakukan oleh  ketujuh perguruan tinggi yang tergabung dalam Aperti  BUMN,” kata Adiwijaya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement