Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Mahasiswa, Ini Ada Peluang Beasiswa dari Rubin!

Sabtu 10 Aug 2019 23:30 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Elba Damhuri

Beasiswa (ilustrasi)

Beasiswa (ilustrasi)

Rubin buka peluang beasiswa Rumah dan Tahfidz Quran untuk 1.000 Mahasiswa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Rumah Binaan (Rubin) yang merupakan aplikasi teknologi berbasis sosial menggagas program beasiswa bagi mahasiswa. Beasiswa ini diberikan kepada para mahasiswa untuk mendapatkan rumah tinggal secara gratis hingga pembinaan dan pembelajaran tahfidz Quran.

Founder Rubin Ruston Pirmansyah menuturkan Rubin (Rumah Binaan) adalah nama program aplikasi yang berhasil dibangun oleh anak-anak muda Bandung yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai juara 1 aplikasi inovatif yang bermanfaatuntuk masyarakat dari Jawa Barat tahun 2017.

Aplikasi ini adalah ide dari anak-anak muda yang terdorong untuk membangun generasi muda agar menjadi generasi yang mengamalkan nilai-nilai Alquran,  peduli terhadap masyarakat,  dan mandiri secara finansial.

Ruston mengatakan program Rubin hadir sebagai jawaban atas berbagai persoalan yang dihadapi mahasiswa hari ini baik problem mahalnya kos-kosan maupun problem sosial mahasiswa seperti kos-kosan yang menjadi tempat pergaulan bebas.

Program Rubin menghadirkan berbagai pembinaan untuk menjadi bekal bagipara mahasiswa, di antaranya program tahfidz Alquran,  mengasah keterampilan agar menjadi bekal untuk mandirisecara finansial, dan berbagai kegiatan kontributif di tengahmasyarakat. 

“Beasiswa Rubin itu beasiswa Rumah dan Pembinaan gratis, artinya mahasiswa diberikan tempat tinggal dan pembinaan agar mereka bisa mandiri,” kata Ruston, Jumat (9/8).

Ia mengaku pihaknya menghimpun donasi dari para donatur baik berupa dana maupun kerjasama peminjaman rumah. Rubin juga membuka peluang kepada berbagai perusahaan untuk kerjasama sponsorship, selain itu kami membuka peluang kerjasama B to B dengan berbagai perusahaan baik dalam maupun luar negeri untuk menjadikan mahasiswa sebagai freelancer.

Tahun ini, kata dia, Rubin membuka beasiswa bagi 1.000 mahasiswa di Bandung. Para mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa bisa mendaftar melalui aplikasi Rubin dan mengikuti seleksinya dan bersungguh-sungguh untuk mengikuti pembinaan.

“Alokasi dana yang kami perlukan untuk program ini dalam satu tahun membutuhkan dana kurang lebih 20 M per 1000 mahasiswa, untuk itu kami membuka peluang-peluang tadi, donasi sponsorship dan kerja sama B to B,” kata Ruston.

Ia menyebutkan lewat program beasiswa ini, para mahasiswa bisa mendapatkan tempat tinggal secara gratis, uang saku, serta pembinaan tahfidz quran hingga pelatihan kewirausahaan. Diharapkan para mahasiswa sebagai generasi peneris bangsa ini bisa menjadi pribadi yang mandiri tapi juga berkarakter Islami.

Ruston menambahkan berbagai kegiatan Rubin dapat dipantau melalui aplikasi.  Dengan demikian, siapa saja yang ingin membantu pembinaan generasi dan mengetahui kegiatan yang dijalankan,  bisa membuka aplikasi tersebut di website rubin.id.

Aplikasi Rubin.id yang dibangun dengan model startup digital menghadirkan sebuah platform yang memungkinkan untukmenghubungkan para mahasiswa dengan banyak pihak yang #PeduliGenerasi, baik secara individu, perusahaan, maupuninstansi pemerintahan.

“Insya Allah,  program Beasiswa Rubin 1000 Mahasiswa Sahabat AlQuran akan hadir tidak hanya di kota Bandung, namun di berbagai kota seluruh Indonesia,” Ruston menjelaskan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA