Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Pesta Gol ke Gawang West Ham, City Puncaki Klasemen

Sabtu 10 Aug 2019 20:40 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah

Winger Manchester City Raheem Sterling (kiri) mencetak gol ke gawang West Ham United yang dijaga Lukasz Fabianski.

Winger Manchester City Raheem Sterling (kiri) mencetak gol ke gawang West Ham United yang dijaga Lukasz Fabianski.

Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Manchester City menaklukkan West Ham United 5-0 lewat hat-trick Raheem Sterling.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Manchester City berpesta gol ke gawang West Ham United pada laga perdana Liga Inggris musim 2019/2020. Manchester City menaklukkan West Ham United 5-0 lewat hat-trick Raheem Sterling di Stadion London, Sabtu (10/8). Kemenangan ini menempatkan City di puncak klasemen menggeser Liverpool yang sebelumnya memetik kemenangan 4-1 atas Norwich City.

Baca Juga

City langsung mengambil inisiatif menyerang ke pertahanan West Ham United sejak babak pertama dimuali. Riyad Mahres membuat peluang pada menit kesembilan lewat tembakan kaki kirinya dari luar kotak 16. Namun tendangannya belum membuahkan gol.

Juara bertahan terus menekan pertahanan tuan rumah melalui Raheem Sterling, Gabriel Jesus, David Silva, dan Mahrez. Permainan satu dua sentuhan para pemain City cukup merepotkan the Hammers.

West Ham hanya mengandalkan serangan balik untuk memberikan ancaman ke pertahanan City. The Hammers juga setengah hati saat mendapatkan kesempatan mengurung pertahanan City karena mengkhawatirkann serangan balik mematikan City.

Usaha City meneror pertahanan West Ham akhirnya berhasil melalui gol tembakan kaki kiri Gabriel Jesus pada menit ke-25. Kyle Walker membuat assist atas terciptanya gol tersebut. Hanya gol ini yang tercipta pada babak pertama.

Memasuki babak kedua, David Silva dan kawan-kawan langsung tancap gas. Sebaliknya, West Ham tak mampu mengembangkan permainan.

Hasilnya, pada menit ke-51 City menggandakan keunggulan melalui Sterling. Kevin De Bruyne yang melihat Sterling tak terkawal di depan gawang West Ham memberikan umpan sehingga pemain timnas Inggris itu dengan mudah menaklukkan kiper Lukasz Fabianski.

Kerja sama satu dua sentuhan antara Silva, Sterling dan Jesus pada menit ke-53 sempat menambah keunggulan City 3-0 melalui sepakan Jesus. Namun wasit kemudian tak mengesahkan gol tersebut setelah hasil Video Assistant Referee (VAR) menunjukkan posisi Sterling sebelum memberikan umpan kepada Jesus telah offside.

Pelatih West Ham Manuel Pellegrini memasukkan Jevier Hernandez menggantikan Felipe Anderson untuk mengejar ketertinggalan. Tak lama kemudian, pelatih City Pep Guardiola juga melakukan pergantian dengan mamasukkan Sergio Aguero menggantikan Gabriel Jesus.

Pada menit ke-75, Sterling mencetak gol keduanya sekaligus menambah keunggulan City menjadi 3-0. Dia berlari menusuk ke jantung pertahanan West Ham dan menerima umpan Mahrez yang jeli melihat posisi Sterling. Dengan tenang Sterling mencungkil bola yang tak bisa dijangkau Fabianski. 

Wasit sempat melihat VAR kembali untuk memastikan gol yang dicetak Sterling sah. Hasilnya, gol tersebut sah karena Sterling tak di posisi offside. 

Pada menit ke-83, City mendapatkan hadiah penalti setelah Mahrez dilanggar di kotak pinalti. Aguero yang menjadi algojo, tendangannya berhasil dihalau kiper.

Namun, wasit lagi-lagi melihat VAR untuk memastikan apakah penalti harus diulang atau tidak. Wasit kemudian memutuskan pinalti harus diulang. Pada kesempatan ini, Aguero akhirnya berhasil mencetak gol sehingga membawa skor menjadi 4-0.

Sterling mencetak hat-trick pada menit ke-90+1. Hat-trick Sterling menutup kemenangan City menjadi 5-0 atas West Ham. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA