Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

1.000 Kantong Daging akan Dibagi Panitia Masjid Sunda Kelapa

Jumat 09 Aug 2019 21:05 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid Agung Sunda Kelapa

Foto: Republika/Prayogi
Panitia akan membagikan 1.000 kantong daging kurban ke masyarakat miskin Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Masjid Sunda Kelapa memperkirakan akan membagikan 1.000 kantong daging kurban pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, Ahad (11/8) mendatang. Daging itu akan lebih banyak dibagikan ke masyarakat di kawasan pinggiran Jakarta.

Sekretaris Dewan Pengurus Masjid Sunda Kelapa, Ismed Hasan Putro, mengatakan, hewan kurban yang akan disembelih yakni dua ekor sapi dan 30 ekor kambing. "Kemungkinan akan terus bertambah menjelang tanggal 11, karena tahun lalu kita ada 40 kambing," kata Ismed kepada Republika, Jumat (9/8).

Ismed menuturkan, dari sejumlah hewan kurban tersebut akan didapatkan sekitar 1.000 kantong daging. Pihaknya akan membagikan daging itu lebih banyak ke masyarakat miskin di kawasan pinggiran Jakarta. Sebab, masyarakat di kawasan Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, tergolong sudah berkecukupan.

"Kita akan bagikan ke masjid dan mushala di dareah yang mebutuhkan, seperti di Condet ataupun Bekasi," ucapnya.

Sedangkan untuk membungkus dagingnya, Ismed memastikan pihaknya akan mengikuti imbauan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar menggunakan besek bambu. "Selain besek itu ramah lingkungan, kan juga membantu menggerakan ekonomi pengrajin kecil" ucapnya.

Ismed mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Jakarta Pusat untuk pengadaan besek tersebut. 

Adapun shalat Idul Adha di Masjid Sunda Kelapa akan diimami oleh Syekh Syeikh Essom Al-Misgagi dari Yaman. Sedangkan khatibnya adalah Ustaz Andi Aderus yang merupakan Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Alumni Timur Tengah (ICATT) Indonesia.

Untuk tema khutbah tahun ini, lanjut Ismed, adalah 'Kerelaan Berkurban'. Adapun Shalat Idul Adha nantinya akan dilaksanakan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni di halaman luar masjid dan di badan jalan. Diperkirakan akan ada 5.000 jamaah yang shalat di Masjid Sunda Kelapa.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA