Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Biji Bunga Matahari, Superfood untuk Berbagai Hidangan

Jumat 09 Agu 2019 13:19 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Biji bunga matahari.

Biji bunga matahari.

Foto: tOrange.biz
Biji bunga matahari mengandung asam lemak esensial, vitamin, dan mineral.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Biji bunga matahari atau kuaci dianggap sebagai salah satu superfood karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Kandungan antioksidan vitamin E dalam biji bunga matahari misalnya, dapat melindungi hati dari kerusakan.

Sebagai superfood, biji bunga matahari mengandung asam lemak esensial, vitamin, dan mineral yang penting bagi tubuh. Penelitian bahkan menemukan bahwa biji bunga matahari mengandung senyawa dan nutrisi yang dapat membantu menurunkan risiko inflamasi, penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Selain dapat menyehatkan, biji bunga matahari juga dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Selain dapat menjadi campuran dalam menu makanan besar, biji bunga matahari juga bisa dikonsumsi sebagai camilan sehat.

Seperti dilansir Indian Express, biji bunga matahari bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan. Caranya, cukup campurkan biji bunga matahari dengan sereal. Campuran biji bunga matahari ini akan membuat sereal saat sarapan menjadi lebih bergizi.

Biji bunga matahari juga bisa dikonsumsi sebagai trail mix dengan cara mencampurkan biji bunga matahari dengan camilan sehat lain seperti granola, buah kering, dan kacang-kacangan. Tak hanya itu, biji bunga matahari juga bisa ditambahkan ke dalam salad maupun adonan roti sebelum dipanggang.

Biji bunga matahari juga bisa dikonsumsi langsung tanpa dicampurkan dengan makanan lain. Caranya, cukup panggang biji bunga matahari dan tambahkan sedikit garam dan lada untuk menambah rasa.

Biji bunga matahari juga dapat menjadi tambahan dalam telur orak-arik. Penambahan biji bunga matahari dapat memberi tambahan tekstur yang garing pada sajian makanan lembut.

Bila tak ingin terlalu repot, biji bunga matahari juga bisa dicampurkan dengan mentega. Setelah tercampur rata, campuran ini bisa menjadi olesan untuk roti. Cukup tambahkan garam laut dan sedikit gula untuk memperkaya rasa.

Yang tak kalah menarik, biji bunga matahari juga bisa ditambahkan ke dalam makanan berat seperti kari ayam dan pasta. Penambahan biji bunga matahari ke dalam makanan berat tak hanya akan menambahkan nilai gizi tetapi juga memperkaya cita rasa dari makanan tersebut.

Baca Juga

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA