Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Optimalkan Pasien, 230 RS Terintegrasi Layanan Digital

Jumat 09 Aug 2019 12:34 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya

 Petugas medis melakukan CT Scan terhadap pasien Jamkesmas.

Petugas medis melakukan CT Scan terhadap pasien Jamkesmas.

Foto: Antara
Layanan digital memudahkan pasien dalam melakukan pendaftaran rawat jalan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Industri layanan kesehatan atau healthcare di Indonesia terus mendukung kemajuan teknologi, melalui strategi digital. Saat ini para pasien di berbagai negara termasuk di Indonesia, semakin merasakan kemudahan mengakses layanan kesehatan secara digital.

Lembaga riset McKinsey dalam salah satu hasil penelitiannya menjelaskan saat ini sistem layanan kesehatan termasuk para penyedianya terus melakukan pengembangan secara optimal dalam strategi digital. Menyambut peluang ini, platform penyedia layanan kesehatan SehatQ bekerja sama dengan Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI).

Founder SehatQ Linda Wijaya mengatakan pihaknya telah kolaborasi bagi rumah sakit antara lain dalam bentuk online booking, pemasaran digital hingga program edukasi masyarakat.

“Kolaborasi tersebut salah satunya bertujuan mempermudah rumah sakit secara digital untuk bertemu pasien baru,” ujarnya dalam keterangan tulis yang diterima Republika, Jumat (9/8).

Linda mengungkapkan selama ini masih banyak rumah sakit yang belum memiliki tim tersendiri untuk melakukan pemasaran digital. Melalui layanan online booking ini, SehatQ akan membantu rumah sakit menemukan calon pasien secara digital.

Di sisi lain, pasien pun akan dimudahkan dalam melakukan pendaftaran rawat jalan. Adanya fitur online booking ini, pasien tidak perlu lagi menghubungi rumah sakit melalui telepon.

“Selama ini pasien kerap kesulitan menghubungi rumah sakit untuk melakukan pendaftaran rawat jalan. Pasien tidak perlu menunggu lama dengan sistem digital ini,” ujar Linda.

Dia menuturkan bagi pendaftaran rawat jalan, pasien hanya perlu memasukkan informasi mengenai waktu kunjungan yang diinginkan serta dokter yang dituju. Selanjutnya, pendaftaran akan diproses secara otomatis.

Saat ini SehatQ telah bekerja sama dengan sekitar 230 fasilitas kesehatan terdiri dari rumah sakit, klinik dan laboratorium klinik. Pada tahun ini SehatQ menargetkan 300 fasilitas kesehatan sebagai mitra.

SehatQ merupakan startup penyedia layanan kesehatan digital berdiri pada Agustus 2018. Dalam kurun waktu kurang dari setahun, SehatQ telah menjangkau ratusan rumah sakit, klinik, serta laboratorium klinik. SehatQ pun menyediakan beragam informasi seputar kesehatan, obat-obatan hingga fasilitas kesehatan dan dokter yang bisa diakses melalui www.sehatq.com.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA