Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Ada Festival Apa di Jawa Barat? Klik Saja Wonderfulwestjava

Jumat 15 Nov 2019 02:14 WIB

Rep: ayo bandung/ Red: ayo bandung

Wonderfulwestjava.com, Tempat Berbagi Info Festival di Jabar

Wonderfulwestjava.com, Tempat Berbagi Info Festival di Jabar

Terdapat sebanyak 265 festival yang terdaftar di Wonderfulwestjava.com.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Anda berniat mengunjungi Jawa Barat, tapi belum punya info soal acara yang menarik di tanggal tertentu? Tak perlu repot mencari ke sana-ke mari karena Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat saat ini telah meluncurkan portal yang khusus memuat info berbagai festival di berbagai daerah di Jawa Barat, yakni wonderfulwestjava.com.

Selain memuat info festival yang diselenggarakan oleh masing-masing pemda kota/kabupaten di Jabar, portal ini juga memuat info beragam acara yang diselenggarakan swasta ataupun masyarakat. Bahkan, wonderfulwestjava.com juga menerima kontribusi info acara oleh warga secara cuma-cuma.

AYO BACA : Generasi Milenial Diminta Gencarkan Promosi Wisata Indonesia

"Ini adalah jawaban pemerintah terhadap tuntutan masyarakat karena katanya promo digital untuk event itu mahal," ungkap Kepala Bidang Pemasaran Disparbud Jabar, Iwan Darmawan di Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Idar, sapaan akrabnya, mengatakan, karena bersifat digital, maka info mengenai berbagai festival tersebut juga akan dapat diakses oleh warga dari berbagai daerah termasuk mancanegara. Sejauh ini, mayoritas pengakses berasal dari Jakarta.

AYO BACA : Jabar Targetkan 25 Ribu Kunjungan dalam West Java Multi Cultural Festival 2019

"Karena berbasis jaringan maya, maka tidak hanya dibuka di Jabar. Ada klik dari Eropa, Amerika, dan lain-lain. Dari Jakarta paling banyak," ungkapnya.

Tahun ini, dia mengatakan, terdapat sebanyak 265 festival yang terdaftar. Festival-festival itu memiliki tema yang beragam, mulai dari acara musik, kuliner, olahraga, fesyen, dan sebagainya. 

"Semua bisa masukkan info event nya di situ, bisa pakai kolom kontributor untuk mendaftar kemudian unggah informasinya. Nanti kita bisa bantu juga kalau sekiranya ada festival yang bisa di-support," paparnya.

Meski demikian, Idar mengatakan, tetap akan ada kurasi khusus yang akan dilakukan untuk menyeleksi informasi festival mana yang dapat ditampilkan dan mana yang tidak. "Ya tetap harus terima kalau unggahannya kita drop, karena misalnya enggak berdampak pada pariwisata dan lainnya. Kalau semua dilibatkan, festival ini akan jadi milik bersama," ungkap dia.

AYO BACA : Kabupaten Bandung Siap Kembali Gelar Sabilulumpat Color Run

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA