Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Romelu Lukaku Resmi Milik Inter

Jumat 09 Aug 2019 00:01 WIB

Red: Israr Itah

Romelu Lukaku.

Romelu Lukaku.

Foto: AP/Luca Bruno
Inter mengucurkan 80 juta euro (Rp 1,26 triliun) untuk menggaet Lukaku.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Inter Milan memecahkan rekor transfer klub saat mendatangkan striker Romelu Lukaku dari Manchester United. BBC melaporkan pada Kamis (8/8) bahwa Inter mengucurkan 80 juta euro (Rp 1,26 triliun) untuk menggaet Lukaku dengan kontrak lima tahun.

Baca Juga

Kedatangan penyerang timnas Belgia ini diumumkan secara resmi oleh Inter pada Kamis malam WIB. "Romelu Lukaku pemain Inter," bunyi pengumuman Inter di laman Twitter resmi mereka.

Lukaku (26), mencetak 42 gol dalam 96 pertandingan untuk United. Tetapi, ia hanya bertahan dua tahun di Old Trafford setelah kepindahannya dari Everton dengan transfer 81,2 juta euro.

Lukaku tercatat sebagai menjadi pemain dengan biaya transfer termahal ketiga di Serie A setelah duo Juventus, Cristiano Ronaldo (107 juta euro) dan Gonzalo Higuain (90 juta euro). 

"Inter satu-satunya klub yang saya inginkan," kata Lukaku dalam pernyataannya, dikutip BBC. "Saya di sini untuk membawa Nerazzurri kembali ke puncak."

Manchester United mengucapkan terima kasih atas jasa Lukaku selama merumput di Old Trafford. "Kami menyampaikan harapan terbaik kami untuk masa depannya," tulis pernyataan resmi MU.

Lukaku mencetak 15 gol dalam 45 pertandingan untuk United musim lalu, tetapi sering diabaikan manajer Ole Gunnar Solskjaer demi striker Inggris Marcus Rashford. Dia tidak tampil dalam pertandingan pramusim United. Solskjaer mengatakan Lukaku mengalami cedera pergelangan kaki.

Manajer Belgia Roberto Martinez mengatakan awal musim panas ini Lukaku harus meninggalkan MU. Jalan Lukaku lapang karena pelatih Inter Antonio Conte menunjukkan bahwa mantan striker Chelsea adalah prioritas transfer utamanya.

Lukaku pindah ke United dari Everton pada 2017. Ia merupakan pemain keempat yang sudah mencetak 80 gol di Liga Primer Inggris sebelum berusia 24 tahun, setelah Michael Owen, Robbie Fowler, dan Wayne Rooney.

Pada musim debutnya, pemain Belgia ini menjadi satu dari hanya 11 pemain United yang mencetak 25 gol atau lebih dalam satu musim sejak 1992-93. Eric Cantona, Andy Cole, dan Solskjaer merupakan mantan penyerang MU yang masuk dalam daftar ini. Namun mereka tidak pernah menyamai 27 gol yang dicetak Lukaku dalam semusim untuk MU.

Kepergian Lukaku membuat MU hanya punya tiga penyerang, yakni Rashford, Anthony Martial dan Alexis Sanchez, selain pemain muda Angel Gomes, Mason Greenwood dan Tahith Chong. United menghabiskan 140 juta pound pada musim panas ini untuk Harry Maguire, Aaron Wan-Bissaka dan Daniel James.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA