Saturday, 23 Zulhijjah 1440 / 24 August 2019

Saturday, 23 Zulhijjah 1440 / 24 August 2019

Prukades Padi Buat Bangka Selatan Jadi Lumbung Pangan

Rabu 07 Aug 2019 00:21 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Gerakan Tanam Serentak Prukades tanaman Padi di KPB Batu Betumpang, Selasa (6/8).

Gerakan Tanam Serentak Prukades tanaman Padi di KPB Batu Betumpang, Selasa (6/8).

Foto: kemendes pdtt
Pemerintah dan swasta berpartisipasi dalam Prukades ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA SELATAN -- Kabupaten Bangka Selatan kini memiliki sumber penghidupan ekonomi baru. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bersama Kementerian Pertanian dan Pemprov Bangka Belitung serta perusahaan BUMN dan swasta melakukan kerja sama untuk mengembangkan Prukades Tanaman Padi pada Kawasan Perkotaan Baru (KPB) Transmigrasi Batu Betumpang, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (6/8).

Baca Juga

Direktur Pengembangan Usaha Transmigrasi Ditjen PKTrans Kemendes PDTT, Supriyadi mengatakan penandatanganan ini untuk percepatan perekonomian di Provinsi Bangka Belitung dan kesejahteraan masyarakat. Dari dunia usaha, yang ikut menandatangani kerja sama ini diantaranya yakni Perusahaan Umum (Perum) Bulog, PT. Timah Tbk, PT. Bank Negara Indonesia serta PT. Mitra Bumdes Nusantara.

"Penandatangan dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Kemendes PDTT dengan Kementerian Pertanian dan dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada acara Rapat Koordinasi Nasional Transmigrasi Tahun 2019 di Jakarta pekan lalu yang disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla," kata Supriyadi.

photo

Pemerintah, BUMN dan swasta melakukan kerja sama untuk mengembangkan Prukades Tanaman Padi pada Kawasan Perkotaan Baru (KPB) Transmigrasi Batu Betumpang, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (6/8).

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian mengatakan kerjasama ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah dengan petani untuk mengembangkan Prukades. "Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah pada kesejahteraan petani dalam mengembangkan Padi di kawasan Batu Betumpang, Bangka Belitung," ucap dia.

Pemerintah provinsi berharap Bangka Selatan ini menjadi potensi lumbung pangan. Selain itu, Pemprov Bangka Belitung juga berharap dengan adanya kerjasama dengan Kementerian dan Lembaga BUMN ini dapat membantu kesejahteraan Kelompok Tani yang ada di Kawasan Bangka Selatan.

"Dengan adanya kerjasama Kementerian dan Lembaga BUMN serta mahasiswa KKN UGM ini mari kita kembangkan diri kita dan yakin lah bahwa Kami semua mendampingi perkembangan dan kesejahteraan Petani di Batu Betumpang. Bayangkan berapa luas sawah yang kita miliki, dengan capaian saat ini kita bisa memenuhi 20 persen kebutuhan beras di Bangka Belitung," kata Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan di acara Gerakan Tanam Serentak Prukades tanaman Padi di KPB Batu Betumpang, Selasa (6/8).

Dalam penandatanganan kerjasama ini, sekaligus dilaksanakan kegiatan pemberian sejumlah bantuan untuk mengembangkan kesejahteraan Kelompok Tani di KPB Batu Betumpang. Bantuan tersebut berupa mesin air, traktor, pompa air, power threser dan alat sekolah untuk anak Kelompok Tani dari Kemendes PDTT.

"Selain penandatanganan kami juga memberi bantuan berupa mesin air dan fasilitas untuk sekolah yang ada di KPB Batu Betumpang, semoga bermanfaat bagi seluruh warga yang ada di sini," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA