Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Mbah Moen Wafat, Indonesia Kehilangan Sosok Panutan

Selasa 06 Aug 2019 13:08 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/Arif Satrio/ Red: Dwi Murdaningsih

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Ahmad Basarah.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Ahmad Basarah.

Foto: MPR
Mbah Moen wafat di Makkah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah menyampaikan rasa belasungkawa atas meninggalnya Ketua Majelis Syariah Partai Persatuan Pembangunan dan sesepuh dari Nahdatul Ulama, KH Maimun Zubair. Menurutnya, bangsa Indonesia telah kehilangan salah satu sosok ulama yang menjadi panutan.

"Kita telah kehilangan ulama besar dan seorang tokoh bangsa yg perjuangan hidupnya menjadi panutan dan suri tauladan dalam mengimplementasikan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan dalam satu tarikan nafas," ujar Ahmad dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/8).

Baca Juga

Mbah Moen dinilai sebagai contoh ulama Indonesia yang konsisten menjabarkan fatwa KH. Hasyim Asy'ari. Dengan Hubbul Wathon Minal Iman atau mencintai bangsa dan negara sendiri adalah sebagian dari iman. 

"Beliau adalah ulama yang telah mengajarkan dan menyebarkan konsep Islam Rahmatan Lil Alamiin yang membuat suasana kebangsaan dan keagamaan di Indonesia menjadi sejuk dan damai," ujar Ahmad.

Selain itu, dari sosok Mbah Moen, Islam tidak hanya menjadi penuntun kehidupan yang sejuk dan damai bagi umat Islam Indonesia. Tetapi juga membuat damai dan nyaman bagi umat beragama lainnya.

"Alhamdulillah dan InsyaAllah beliau wafat di kota suci Makkah dalam keadaan istiqomah, diterima semua amal ibadahnya dan diampunkan segala dosa-dosanya serta mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT," ujar Wakil Sekjen DPP PDIP itu.

Ketua Majelis Syariah Partai Persatuan Pembangunan dan sesepuh dari Nahdatul Ulama, KH Maimun Zubair dikabarkan meninggal di tanah suci pukul 04.15 waktu setempat. Kabar duka tersebut terjadi ketika, Mbah Moen, panggilan akrabnya sedang melakukan rangkaian ibadah haji di Makkah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler