Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

2.000 Fosil Hewan Gajah Hingga Kucing Ditemukan di Turki

Sabtu 03 Aug 2019 00:50 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Peneliti menggali fosil hewan

Peneliti menggali fosil hewan

Foto: Daily Sabah
Fosil hewan ditemukan dalam proyek penggalian sejak 2011.

REPUBLIKA.CO.ID, KIRSEHIR – Hampir 2.000 fosil hewan telah ditemukan di kawasan Anatolia tengah tepatnya di Provinsi Kirsehir, Turki. Pada arkeolog telah memulai penggalian pada 2011 di Desa Kurutlu di Distrik Kaman Kirsehir.

Penggalian bertujuan meneliti sejarah alam pada tujuh juta tahun lalu. Sementara fosil-fosil hewan seperti gajah, primata, jerapah, kuda, badak, kucing, hingga monyet telah ditemukan selama berlangsungnya penggalian di sisi Danau Dam Hirfanli.  

Penggalian pun masih terus dilakukan di bawah Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki, Universitas Ahi Evran (AEU) dan Masyarakat Sejarah Turki di bawah pimpinan akademisi AEU yakni Ahmet Cemburu Erkman.

Baca Juga

Erkman mengungkapkan pihaknya akan memamerkan benda-benda yang telah ditemukan itu. “Kami berencana memamerkan fosilnya di sebuah museum di Kirsehir. Kami terus bekerja, ini adalah penggalian yang cukup lama,” tutur Erkman seperti dilansir Daily Sabah pada Jum’at (2/8).  

Dia juga mengungkapkan pentingnya penemuan itu akan dapat menjelaskan tentang sejarah alam Anatolia. Menurutnya saat ini temuan-temuan itu baru dapat memberikan kontribusi pada buku-buku bidang arkeologi dan sebagian dari paleontologi. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA