Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Penulis Kenamaan Palestina Adania Shibl akan Hadir di JILF

Senin 05 Aug 2019 23:24 WIB

Red: Nashih Nashrullah

 Adania Shibli

Adania Shibli

Foto: Dok istimewa
Adania Shibli menyampaikan pidato kunci di festival.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Penulis Palestina, Adania Shibli dijadwalkan hadir untuk membuka Jakarta International Literary Festival 2019 yang digelar di Taman Ismail Marzuki pada 20 sampai 24 Agustus 2019 mendatang.

Kehadiran Adania untuk menyampaikan pidato kunci pembuka festival yang akan memberikan representasi baru dari Palestina yang selama ini diketahui lewat media.

Baca Juga

Kurator JILF 2019, Isyana Artharini, menyebut Adania akan bercerita tentang kekayaan sastra Palestina dan bagaimana pengalaman kolektif yang sangat masif dan menjadi memori sebuah bangsa tercermin dalam karya sastra.

“Adania juga akan bercerita lebih jauh tentang pilihannya dalam berkarya, pengalaman yang membentuk tulisannya, serta apa yang ingin dicapai lewat karyanya. Pada malam yang sama juga akan diisi oleh penampilan musik dari Frau,” kata Isyana dalam konferensi pers di Balairung Balai Kota DKI Jakarta, Senin (5/8).

Selanjutnya, selama lima hari berturut-turut, JILF 2019 akan menggelar program utama simposium dan bincang-bincang yang menampilkan tema menarik dan penting dalam sastra Selatan.

“Simposium akan diadakan dua kali setiap hari yang dilanjutkan oleh perbincangan yang lebih cair mengenai tema-tema tertentu, dan perbincangan khusus dengan penulis terpilih,” kata dia.

JILF 2019 juga mengajak pelaku maupun pecinta sastra di Indonesia untuk lebih jauh terlibat dan menikmati program utama lainnya yang tak kalah menarik. Seperti Malam Pembacaan Karya, Lab Ekosistem Sastra, Pameran Bacaan Liar: Era Kolonial, dan Pasar Buku yang bekerja sama dengan Patjat Merah.

Selain itu mata acara yang istimewa adalah program Pasar Hak Cipta, sebuah program andalan JILF yang jarang ditemui di festival sastra lain.

“Pasar Hak Cipta akan mempertemukan penerbit-penerbit internasional dan nasional untuk saling mengenalkan karya dari masing-masing negara yang kali ini akan diikuti  lebih dari 30 penerbit,” ucap dia.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA