Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Anak Indonesia Masih Awam Soal Olahraga Laut

Senin 05 Aug 2019 15:41 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

Rekor menyelam dunia dipecahkan di pantai Manado.

Rekor menyelam dunia dipecahkan di pantai Manado.

Foto: Rekor menyelam
Orang tua juga tak tersosialisasikan dengan baik soal olahraga laut.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Ketua Wanita Selam Indonesia (Wasi), Tri Tito Karnavian menyebut, orang tua di Indonesia masih belum banyak yang mengenalkan anaknya ke olahraga laut, seperti menyelam. Ia mengatakan, itu terjadi akibat ayah dan ibu tidak mendapatkan sosialisasi yang memadai soal aktivitas olahraga laut.

Tri pun berharap pemecahan tiga rekor dunia oleh WASI di menjadi ajang edukasi dan pengenalan olahraga laut kepada anak-anak Indonesia. Ia mengungkapkan, dengan adanya kegiatan ini, masyarakat menjadi lebih sadar akan penting dan menyenangkannya kegiatan olahraga menyelam.

Menurut Tri, menyelam aman asalkan dilakukan sesuai dengan prosedur. Tri melihat banyak penyelam perempuan mengikuti pemecahan rekor dunia yang diprakarsai Wasi.

Baca Juga

"Di medsos, saya melihat penyelam perempuan yang melakukan kegiatan menyelam dengan aman. Mereka mengenakan pakaian yang menarik dan ini menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi perempuan," tutur dia di Pantai Kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara (Sulut), akhir pekan lalu.

Sementara itu, aktor yang belum lama ini dikaruniai anak dari pernikahannya dengan penyanyi Raisa, Hamish Daud, menyebut ajang pemecahan rekor Wasi bisa menjadi sarana edukasi bagi anak-anak. Ia senang melihat anak-anak ikut serta menyelam bersama orang tuanya.

"Jadi senang, anak kecil bisa belajar, ini satu platform untuk edukasi," kata Hamish pada kesempatan yang sama.

Hamish juga merasa bangga melihat perempuan menjadi pengingat bahwa Indonesia adalah negara maritim. Ia takjub melihat hasil kerja keras perempuan pecinta selam untuk pemecahan rekor dunia pada 1-3 Agustus lalu.

"Aku ingin kita semua nyemplung ke laut dan itu yang kerja keras ya Wasi," ujar dia.

Organisasi Wasi berhasil memecahkan tiga rekor dunia dalam dunia penyelaman. Rekor-rekor itu adalah Rekor Rangkaian Manusia Terpanjang di Bawah Air berama 578 penyelam, Rekor Penyelaman Massal Terbanyak dengan 3.131 penyelam, dan Rekor Pembentangan Bendera Terbesar di Bawah Air dengan luas bendera 1.014 meter persegi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA