Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Benarkah Popcorn Membuat Gemuk?

Senin 08 Jul 2019 14:36 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Popcorn

Popcorn

Foto: pixabay
Popcorn menjadi tidak sehat bila ditambahkan perasa atau mentega.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Popcorn merupakan salah satu jenis makanan ringan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan usia. Namun tak sedikit pula yang menjauhi popcorn karena dianggap dapat menggemukkan badan. Benarkah?

Popcorn sebenarnya merupakan makanan ringan yang tergolong sehat dan dapat membantu proses penurunan berat badan. Asalkan, popcorn yang dikonsumsi bukan popcorn siap saji maupun popcorn yang dijual di bioskop.

Popcorn akan menjadi tidak sehat bila ditambahkan dengan bahan-bahan lain seperti perisa maupun mentega. Penambahan ini ini dapat menambah kandungan lemak maupun kalori pada popcorn.

Popcorn yang polos atau popcorn sehat ternyata memiliki beragam kelebihan yang dapat membantu proses penurunan berat badan. Berikut ini adalah kelebihan popcorn polos.

Baca Juga

Membantu Pencernaan
Popcorn memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan. Kandungan serat dapat membantu proses pencernaan dan di saat yang sama juga membantu meregulasi metabolisme dengan cara membuang kelebihan lemak di pembuluh darah.

Selain itu, serat juga dapat memberi rasa kenyang yang lebih lama. Studi bahkan menunjukkan bahwa popcorn polos dapat lebih mengenyangkan dibandingkan satu bungkus penuh keripik kentang. Oleh karena itu, konsumsi popcorn yang sehat dapat membantu menjaga dan menurunkan berat badan.

Rendah Kalori
Popcorn juga memiliki kandungan zat gizi yang cukup baik. Bila tidak ditambahkan mentega atau perisa, popcorn memiliki kandungan kalori yang rendah. Selain itu, popcorn polos juga memiliki kandungan lemak yang rendah. Ini membuat popcorn polos dapat menjadi opsi makanan ringan yang baik untuk orang-orang yang sedang menjaga atau menurunkan berat badan.

Kaya Antioksidan
Popcorn terbuat dari jagung. Jagung itu sendiri diketahui memiliki kandungan agen antiinflamasi bernama polifenol. Kandungan ini dapat menunjang kesehatan jantung dan menurunkan risiko kanker.

Dengan kata lain, beragam manfaat dari popcorn ini membuktikan bahwa popcorn bukanlah musuh bagi orang yang sedang berdiet. Faktanya, popcorn justru dapat menjadi pilihan makanan ringan yang aman untuk dikonsumsi selama berdiet. Yang terpenting adalah memilih jenis popcorn yang polos, bukan popcorn siap saji maupun popcorn berperisa yang biasa dijual di bioskop, dikutip dari Times of India.



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA