Senin 05 Aug 2019 09:27 WIB

Vokasi UI Dorong Warga Belitung Timur Konservasi Madu

Diharapkan masyarakat akan terdorong untuk mencoba budidaya madu

madu lebah trigona
Foto: Republika/Fauzi Ridwan
madu lebah trigona

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK - Vokasi UI yang berkolaborasi dengan Billiton Bee Farm dalam melakukan Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Adopsi Madu Belitung Timur dengan melakukan konservasi Madu Trigona.

"Kami memberikan wawasan tentang potensi madu di Indonesia serta workshop cara produksi madu dari berbagai jenis lebah khususnya trigona," kata Ketua Pengabdi dari Program Pendidikan Vokasi UI Mareta Maulidiyanti, Senin (5/8).

Diharapkan masyarakat akan terdorong untuk mencoba budidaya madu untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Selain nilai ekonomisnya tinggi, madu ini diharapkan bisa menjadi solusi pencahariaan selain sektor tambang.

Pada program ini juga juga dilakukan adopsi terhadap 50 rumah madu untuk menjadi media uji coba para peternak yang menjadi change agent dalam program ini. Dengan konsep adopsi madu ini, para peternak bertannggung jawab atas rumah madu dalam bentuk kayu mahono.

Dalam proses adopsi madu, tim pengabdi dibantu oleh fasiltator ahli dari Billiton Bee Farm dalam penyiapan rumah madu hingga proses panen nanti. Program ini juga didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur. Meta mengatakan bahwa saat ini sebagian besar mata pencahariaan warga Belitung Timur berada di sektor tambang yang tidak dapat diperbaharui.

Kegiatan yang didukung oleh 4 dosen dan 2 mahasiswa ini diawali dengan edukasi dan workshop teknik budidaya madu dan dilanjutkan dengan proses adopsi madu. Harapannya dengan konsep adopsi ini, masyarakat akan terlibat aktif dalam memantau perkembangan produksi madu yang berada di kebun mereka.

Mareta mengatakan kedepannya para change agent mampu menularkan pengetahuan dan semangat beternak madu kepada masyarakat lebih luas sehingga produksi madu Belitung Timur dapat meningkat dan dapat dijadikan produk oleh-oleh khas Belitung Timur.

Mareta mengatakan bahwa kebun yang baik akan berpotensi menghasilkan madu yang unik. Keberadaan lebah di kebun-kebun juga akan membantu penyerbukan lebih baik.

"Ya lebah itu medium penyerbukan paling baik sehingga misalnya ada dikebun kopi, maka akan membantu penyerbukan kopi lebih baik," ujar Mareta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement