Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Jokowi Kumpulkan Menteri dan Mantan Menteri

Ahad 04 Aug 2019 09:06 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nur Aini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan kepada wartawan seusai makan di restoran Ayam Goreng Mbah Karto di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Ahad (28/7) siang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan kepada wartawan seusai makan di restoran Ayam Goreng Mbah Karto di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Ahad (28/7) siang.

Foto: Republika/Binti Sholikah
Sejumlah mantan menteri yang hadir di antaranya Anies Baswedan dan Andrinof Chaniago.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya cara unik untuk memberi kesan bagi para menteri dan mantan menteri yang pernah bekerja dengannya. Menjelang akhir periode emerintahan 2014-2019, Jokowi mengumpulkan seluruh pejabat tinggi negara di Istana Bogor pada Ahad (4/8) untuk ikut senam pagi dan berkumpul bersama para keluarga. 

Uniknya lagi, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memilih berdiri di baris ketujuh saat mengikuti senam bersama. Sementara Ibu Iriana dan Mufidah JK berdiri di baris pertama bersama sejumlah menteri seperti Luhut Binsar Pandjaitan, Moeldoko, dan Wiranto. 

Dalam acara tersebut, para menteri memang mengajak para keluarganya. Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan misalnya, membawa lima dari tujuh cucunya. Sementara, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membawa enam orang anggota keluarganya. Mantan Menteri Sosial yang kini menjabat Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengajak empat anggota keluarganya. 

Selain para menteri, terlihat hadir para mantan menteri seperti Anies Baswedan, Andrinof Chaniago, Andi Wijayanto, hingga mantan Kapolri Badrodin Haiti. 

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyebutkan, acara tersebut sudah dirancang sejak lama. Tujuannya, ujar dia, antara lain merekatkan solidaritas di dalam internal pemerintahan dan menjaga silaturahim dengan mantan menteri yang tak lagi menjabat. 

"Acara ini sudah dirancang sejak lama. Solidaritas tanpa batas," katanya. 

Rencananya, acara hari ini akan diisi juga dengan penggalangan dana bagi korban gempa yang melanda pesisir barat Banten pada Jumat (2/8) lalu. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA