Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Verstappen: Pole Position Itu Hanya Soal Waktu

Ahad 04 Aug 2019 00:47 WIB

Red: Endro Yuwanto

Max Verstappen

Max Verstappen

Foto: EPA-EFE/VALDRIN XHEMAJ
Verstappen menjadi pembalap ke-100 yang meraih pole position dalam sejarah F1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Max Verstappen meraih pole position perdana dalam kariernya di F1 usai menjadi yang tercepat kualifikasi GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Sabtu (3/8). Pembalap asal Belanda itu mengaku telah menantikan saat bersejarah itu usai mendapati grafik performa yang meningkat di musim ini.

Verstappen yang merupakan pembalap tim Red Bull telah memenangi dua dari tiga balapan terakhir dan di Hungaroring rival-rivalnya tak mampu menandingi kecepatan mobil RB15 yang dia kendarai.

Baca Juga

Putra dari mantan pembalap Jos Verstappen itu juga mencetak rekor waktu putaran tercepat di Hungaroring. Ia mencatatkan waktu satu menit 14,572 detik di babak kualifikasi dan catatan waktunya cukup untuk menyingkirkan Valtteri Bottas dari Mercedes di peringkat dua dengan margin tipis 0,018 detik.

"Bagi saya ini hanya soal waktu, terkadang anda membutuhkan keberuntungan juga. Tentu saya pernah membuat kesalahan dan kehilangan kesempatan untuk pole position tapi hari ini saya meraihnya dan saya sangat senang dengan itu," kata Verstappen seperti dikutip laman resmi F1. "Masih ada balapan yang harus dijalani dan yang paling penting ini menutup hari ini, tapi bagi saya hari ini adalah hari yang penting, yang sangat menyenangkan dan juga luar biasa untuk tim."

Kepala tim Red Bull Christian Horner pun memuji performa pembalapnya itu. "Max sangat bersemangat siang ini dan tercepat di hampir setiap sesi kualifikasi," kata Horner.

Verstappen harus menaklukkan tikungan terakhir sebelum finis karena Bottas sedikit lebih cepat di Tikungan 13. "Tapi dia mengatasinya, fantastis dia bisa meraih pole position," puji Horner.

Horner juga memuji performa power unit Honda yang menunjukkan progres signifikan. Selain itu juga pengembangan sasis mobil yang kuat musim ini, terutama sejak membawa update ke Austria. "Terima kasih untuk Honda, kami tak akan bisa melakukan ini tanpa mereka."

Verstappen pun mengaku jika setelah update dibawa ke Austria, mobil RB15 terasa jauh lebih baik. Kemudian tim terus membawa update suku cadang baru yang mungkin tidak terlalu besar. "Tapi ini membuat saya merasa sedikit baik dengan keseimbangan dan itu yang kami inginkan. Saya rasa itu diperlihatkan hari ini di trek."

Verstappen juga menjadi pembalap ke-100 yang memiliki raihan pole position dalam sejarah F1. Ini merupakan pole position ketiga bagi tim Red Bull di era mesin hybrid setelah Monako 2016, Monako 2018, dan Meksiko 2018, yang semuanya dicetak oleh Daniel Ricciardo.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA