Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Mahasiswa IPB University Bangun Rumah Sampah di Pandeglang

Sabtu 03 Aug 2019 15:11 WIB

Red: Irwan Kelana

Peresmian rumah sampah Pandeglang karya mahasiswa IPB University peserta KKN-Tematik (KKN-T) 2019.

Peresmian rumah sampah Pandeglang karya mahasiswa IPB University peserta KKN-Tematik (KKN-T) 2019.

Foto: Dok IPB
Masyarakat dilatih memilah sampah dan menjadikan sampah bernilai ekonomi.

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG -- Mahasiswa IPB University yang sedang mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) 2019, membangun rumah sampah di Kelurahan Pagadungan, Kabupaten Pandeglang, Banten. Peresmian rumah sampah dilakukan oleh Muhtadi, sekretaris Kecamatan Karang Tanjung, Pandeglang, Sabtu (27/7). Pada peresmian rumah sampah ini, masyarakat juga dilatih untuk dapat memilah sampah dan menjadikan sampah bernilai ekonomi. 

Siaran pers IPB University yang diterima Republika.co.id, Kamis (1/8) menyebutkan, pada rumah sampah ini ada dua wadah untuk penampungan sampah organik dan wadah sampah anorganik. Pada wadah organik, mahasiswa menambahkan larva Black Soldier Fly (BSF) yang berfungsi untuk menguraikan sampah organik menjadi pupuk sehingga berguna bagi warga Kelurahan Pagadungan. 

Selain dapat digunakan sebagai pengurai sampah, larva BSF dapat dijadikan pakan ikan. Ini sesuai dengan kondisi Kelurahan Pagadungan yang banyak melakukan budidaya ikan. 

Sementara untuk wadah anorganik, tim KKN-T 2019 menyediakan lima wadah lagi sesuai dengan kategori sampahnya. Yaitu untuk sampah botol plastik, plastik, kertas, kaleng, B3 dan residu. Dalam pengelolaannya, sampah anorganik yang bernilai ekonomi dapat dijual ke pengepul.

“Rumah sampah dibangun karena permasalahan sampah saat ini menjadi  hal besar yang harus ditangani dan difasilitasi sehingga masyarakat memiliki wadah untuk mengelola sampahnya,” ujar Dannyel, mahasiswa IPB University yang bertanggung jawab terhadap pembangunan rumah sampah.

Dalam pelatihan pemilahan sampah, mahasiswa melakukan sosialisasi pemilahan sampah pada skala kelurahan dan skala rukun warga. Mahasiswa juga melakukan aksi nyata dengan melakukan pemungutan sampah bersama anak-anak di lokasi KKN-T.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA