Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Dukungan, Salah Satu Kunci Sukses Menyusui

Jumat 02 Aug 2019 21:23 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Ilustrasi Wanita Menyusui Bayi

Ilustrasi Wanita Menyusui Bayi

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ibu membutuhkan dukungan untuk sukses menyusui.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manfaat pemberian ASI bagi bayi maupun ibu bisa didapatkan bila kegiatan pemberian ASI dapat berjalan dengan lancar. Salah satu kunci penting dalam mendorong kesuksesan pemberian ASI adalah memberi dukungan bagi ibu menyusui.

Dengan adanya dukungan yang baik, ibu menyusui akan menjadi lebih berdaya untuk melakukan kegiatan pemberian ASI atau menyusui. Salah satu bentuk dukungan yang bisa diberikan kepada ibu menyusui adalah menciptakan lingkungan yang suportif.

Menciptakan lingkungan yang mendukung bagi ibu menyusui bukanlah tanggung jawab satu pihak saja. Diperlukan peran serta ayah, keluarga, pemerintah, tenaga kesehatan, tempat kerja, hingga seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan lingkungan memudahkan ibu untuk menyusui bayi.

"Kita semua diharapkan memberikan dukungan karena menyusui merupakan team effort," ujar Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Nia Umar seperti dinyatakan dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Selama 12 tahun, AIMI juga turut berperan aktif dalam mendukung, mempromosikan, dan melindungi kegiatan menyusui. Upaya ini dilakukan dengan menjangkau berbagai kalangan demi meningkatkan angka ibu menyusui di Indonesia. Dalam upayanya, AIMI juga menggandeng berbagai lembaga dan komunitas lintas sektoral untuk menyelenggarakan beragam kegiatan rutin, seperti Breastfeeding Fair, Workshop Menyusui untuk Ustaz dan Ustazah, hingga SosialisASI, dan AIMI Goes to Office.

AIMI juga akan kembali menggelar kegiatan Menyusui Serentak. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk menciptakan dukungan menyusui bagi para ibu.

"Diharapkan keluarga ikut serta memberikan semangat ketika menyusui serentak," jelas Nia.

Melalui kegiatan ini, ada ratusan pasangan ibu-bayi yang berkumpul dan menyusui. Bertemunya para ibu menyusui ini juga dapat menciptakan sebuah lingkungan di mana para ibu menyusui saling memberikan dukungan.

Rencananya, kegiatan Menyusui Serentak akan digelar pada 4 Agustus 2019 di Gedung Pertunjukan Gelanggang Remaja Jakarta Selatan (GRJS) yang berlokasi di Jalan Bulungan Nomor 1, Jakarta Selatan. Penyelenggaraan kegiatan Menyusui Serentak ini juga bertepatan dengan peringatan Pekan ASI Sedunia yang jatuh pada 1-7 Agustus 2019. Pekan ASI Sedunia yang bertema "Empower Parents Enable Breastfeeding" sejalan dengan AIMI, yaitu menekankan pemberdayaan orang tua untuk mampu menyusui.

Kali ini, AIMI bekerjasama dengan TP PKK Provinsi DKI Jakarta, komunitas Ayah ASI, dan Nusantara Menggendong. Sepak terjang AIMI dalam mendorong ibu menyusui selama ini telah memberikan efek domino yang positif hingga ke berbagai pelosok negeri. Seperti diketahui AIMI telah hadir di 16 provinsi Indonesia, mulai dari Sumatera Utara, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Timur, hingga Sulawesi Selatan.

"Di sinilah peran para pengurus dan relawan AIMI Daerah dan AIMI Cabang memegang peranan kunci," tutur Wakil Ketua Umum AIMI Farahdibha Tenrilemba. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA