Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

UNS Peringkat 7 Nasional Versi Webometrics

Jumat 02 Aug 2019 14:35 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Fernan Rahadi

Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret

Terjadi kenaikan 314 rangking dunia dan satu peringkat rangking nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dinobatkan menjadi kampus terbaik ke-1.364 di tingkat dunia versi Webometrics pada Agustus 2019. Sedangkan untuk skala nasional menurut Webometrics, UNS menduduki peringkat ke-7.

Rektor UNS, Jamal Wiwoho mengatakan, Webometrics merupakan lembaga pemeringkatan internasional asal Spanyol yang melakukan rilis peringkat universitas terbaik di seluruh dunia yang tergolong dalam World Class University (WCU). Lembaga ini menilai kemajuan sebuah universitas berdasarkan situsnya.

Pertimbangan lainnya juga berdasarkan berbagai kegiatan ilmiah yang ditopang oleh proses terwujudnya Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, penguatan tata kelola infrastruktur yang terintegrasi dalam kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal itu dapat dilihat dari suasana akademik yang sehat, manajamen tata kelola institusional yang baik, serta mutu mahasiswa yang berprestasi.

"UNS sebagai universitas yang berproses menjadi WCU, tentunya dengan baik mengimplementasikan syarat-syarat tersebut dengan konten-konten publikasi yang tersaji melalui website," kata Jamal seperti tertulis dalam siaran pers, Jumat (2/8). 

Jamal menambahkan, lebih dari 27 ribu perguruan tinggi di seluruh dunia mengikuti penilaian tersebut. Pada Januari 2019, UNS berada di rangking 1.678 dunia dan peringkat ke-8 nasional. Kemudian pada Juli 2019, naik menjadi rangking 1.364 dunia dan ke-7 nasional. Artinya terjadi kenaikan 314 rangking dunia dan satu peringkat rangking nasional.

Menurut Jamal, hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi civitas akademika UNS. Peringkat tersebut membuktikan UNS juga bisa bersaing menjadi kampus yang maju dengan memanfaatkan teknologi serta punya posisi yang baik di level nasional maupun internasional.

"Ini merupakan buah kerja keras bersama oleh seluruh civitas akademika UNS, kemudian dengan stakeholder baik internal maupun eksternal, warga kampus, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS bersama seluruh alumni yang pernah mengenyam bangku kuliah di UNS supaya kampus tercinta ini menjadi semakin maju dan mendunia," ujarnya. 

Perangkingan Webometrics diumumkan dua kali dalam setahun yakni setiap Januari dan Juli. Kriteria penilaian mendasarkan pada traffic informasi yang ada dalam semua web domain universitas seperti pada uns.ac.id. Meskipun penilaian dilakukan melalui traffic informasi universitas, metode tersebut dianggap cukup efektif untuk melihat aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi berjalan dengan baik atau tidak. 

Peringkat 10 besar nasional perguruan tinggi Versi Webometrics pada Agustus 2019 yakni, Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Brawijaya (UB), UNS, Universitas Syiah Kuala, Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA