Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Bank BJB dan PT RNI Optimalkan Sinergi Bisnis

Jumat 02 Aug 2019 11:12 WIB

Red: Sandy Ferdiana

  Dirut Bank BJB Yuddy Renaldi (kiri) dan Dirut PT RNI B Didik Prasetyo seusai menandatangani nota kerja sama terkait sinergi bisnis di Gedung PT RNI, Jakarta, Kamis (1/8).

Dirut Bank BJB Yuddy Renaldi (kiri) dan Dirut PT RNI B Didik Prasetyo seusai menandatangani nota kerja sama terkait sinergi bisnis di Gedung PT RNI, Jakarta, Kamis (1/8).

Foto: Istimewa
Sedikitnya 11 ribu karyawan PT RNI berpotensi menjadi nasabah Bank BJB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam mendongkrak kinerja korporasi, Bank BJB tidak henti memperluas market share. Belum lama ini, Bank BJB menandatangani naskah kerjasama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (persero) terkait jasa layanan perbankan. 

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Dirut Bank BJB Yuddy Renaldi dan Dirut PT RNI B. Didik Prasetyo di Gedung PT RNI, Jakarta, Kamis (1/8). Kerja sama sama antarperusahaan bertujuan meningkatkan sinergi bisnis Bank BJB dengan PT RNI.

PT RNI (Persero) adalah BUMN yang bergerak di bidang agroindustri, farmasi, dan perdagangan. Perusahaan itu resmi berdiri pada 12 Oktober 1964. Sebelumnya, RNI merupakan nasionalisasi aset-aset grup konglomerat Oei Tiong Ham Concern (OTHC).

PT RNI merupakan nasabah eksisting Bank BJB. Melalui anak perusahaanya yakni PT PG Rajawali II, telah dijalin perjanjian kerjasama dalam hal penempatan dana dan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) terkait pemberian kredit budi daya tebu.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB M. As’adi Budiman mengatakan, kini, kerjasama dengan PT RNI diperluas pada penyediaan fasilitas kredit serta penggunaan fasilitas Internet Banking Corporate Bank BJB.  Dengan demikian, maka PT RNI akan mendapatkan kemudahan dalam pengelolaan keuangan.

Selain funding dan landing, papar dia, ruang lingkup kerjasama mencakup sarana layanan perbankan, yang membantu dan memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Sarana itu meliputi pemasangan automatic teller machine (ATM), pemasangan electronic data capture (EDC), penggunaan layanan informasi keuangan perbankan, payroll service, serta sistem pembayaran dan penerimaan yang terintegrasi seperti host to host (H2H).

‘’Banyak potensi bisnis setelah kerja sama ini,’’ ujar Adi, panggilan akrab M. As’adi Budiman, dalam siaran pers yang diterima Republika, Jumat (2/8). Di antaranya Bank BJB menjadi salah satu mitra PT RNI dan anak perusahaan dalam hal penempatan dana di giro maupun deposito.

Ada juga penyediaan fasilitas kredit yang meliputi Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi dan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Di PT RNI, kata dia, terdapat sekitar 11 ribu karyawan yang dapat memanfaatkan fasilitas kredit tersebut. Saat ini, sebut dia, Bank BJB baru menghimpun sekitar 800 number of account (NoA) dari PT RNI.  

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA