Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Pakai Kedipan Mata, Lensa Kontak Ini Bisa Langsung Nge-Zoom!

Jumat 02 Aug 2019 08:58 WIB

Rep: Yosi Winosa(Warta Ekonomi)/ Red: Yosi Winosa(Warta Ekonomi)

Pakai Kedipan Mata, Lensa Kontak Ini Bisa Langsung Nge-Zoom!. (FOTO: Unsplash)

Pakai Kedipan Mata, Lensa Kontak Ini Bisa Langsung Nge-Zoom!. (FOTO: Unsplash)

Para ilmuwan di Universitas California sedang menguji teknologi baru yang luar biasa.

Para ilmuwan di Universitas California, San Diego sedang menguji teknologi baru yang luar biasa, yakni lensa kontak yang memungkinkan penggunanya memperbesar dengan hanya berkedip.

Dalam sebuah makalah yang baru-baru ini diterbitkan berjudul "Soft Lens Biomimetic C yang dikendalikan oleh Sinyal Electrooculographic", para ilmuwan menjelaskan bagaimana lensa kontak baru ini berbeda dari beberapa lensa kontak yang sebelumnya dikembangkan, yang dikendalikan secara manual atau menggunakan program pra-tulis.

Baca Juga: Mantul! Begini Canggihnya Kamera Oppo Reno 10x Zoom

Mereka menggunakan sinyal electrooculographic yang dihasilkan oleh gerakan mata untuk mengontrol pergerakan dan panjang fokus lensa, menjadikannya unik dari yang lainnya. Lensa dikendalikan melalui elektroda yang meniru otot-otot mata.

Lensa kontak prototipe ini memang terlihat seperti sekelompok mikrocip dan kabel yang berantakan, tapi hanya masalah waktu saja sampai semua komponen itu bisa menjadi cukup kecil untuk dengan mudah masuk ke bawah kelopak mata manusia.

Baca Juga: Ini Dia Bocoran Teknologi yang Bikin Heboh Netizen Indonesia

Para ilmuwan mengatakan bahwa lensa blade runner-esque ini suatu hari nanti berpotensi digunakan dalam prostesis visual, kacamata yang dapat disesuaikan, dan robotika yang dioperasikan dari jarak jauh.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA