Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

DPR Panggil OJK Bahas Asuransi Jiwasraya

Rabu 24 Jul 2019 16:02 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari

Asuransi Jiwasraya

Asuransi Jiwasraya

Foto: Republika/Prayogi
Asuransi Jiwasraya memiliki tunggakan polis sebesar Rp 802 M.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT asuransi jiwasraya (Persero) tengah menyiapkan beberapa rencana untuk menyehatkan kembali keuangan perusahaan. Perusahaan asuransi milik BUMN ini memiliki beberapa rencana untuk membayar tunggakan polis yang jumlahnya mencapai Rp 802 miliar. 

Baca Juga

Rencana tersebut melalui  penerbitan surat utang jangka menengah (medium term notes atau MTN). Kemudian, opsi lainnya berencana membentuk anak usaha Jiwasraya Putra. 
 
Menanggapi permasalahan yang dihadapi BUMN asuransi tersebut, Wakil Ketua Komisi VI DPR Azam Azman Natawijana mengatakan pihaknya akan mempertimbangkan untuk memanggil Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Kalau perlu nanti kita akan panggil OJK," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (24/7).
 
Komisi VI berencana juga akan kembali memanggil direksi Asuransi Jiwasraya pada 24 Agustus mendatang. Menurutnya, DPR meminta agar manajemen menyiapkan strategi untuk keluar dari masalah yang berkelanjutan, jangka pendek, menengah dan panjang.
"Kita minta rencana yang lebih detil, lebih realistis," ucapnya.
 
Azam menyebut pemerintah dan DPR membahas kondisi perusahaan 10 tahun ke belakang (2008-2018). Jiwasraya juga dinilai memiliki aset yang banyak untuk bisa bersinergi termasuk dengan BUMN Karya.
 
"Saya melihatnya itu solusi jangka panjang, tidak bisa seketika selesai. Untuk bangun aset-aset dia yang banyak itu, dan mungkin itu bisa mendapatkan gain dan manfaat dan kita dukung," ungkapnya
 
Sementara Anggota Komisi VI DPR Ihsan Yunus menambahkan pembentukan anak usaha Jiwasraya dapat mendorong kinerja keuangan bagi perseroan. "Jadi ada anak perusahaan, Jiwasraya Putra, memiliki potensial market Rp 5 triliun," ucapnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA