Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Pasar Jaya Jual 20 Ribu Besek untuk Daging Kurban

Rabu 31 Jul 2019 13:04 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Andi Nur Aminah

Besek bambu menjadi media untuk mengemas daging kurban yang ramah lingkungan (ilustrasi)

Besek bambu menjadi media untuk mengemas daging kurban yang ramah lingkungan (ilustrasi)

Foto: DSM bali
Jumlah 20 ribu itu nantinya akan ditambah sesuai kebutuhan pasar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui PD Pasar Jaya menyiapkan 20 ribu besek untuk dijual dan dipergunakan sebagai wadah daging kurban. Jumlah tersebut akan ditambah sesuai kebutuhan pasar.

Baca Juga

"Pasar Jaya menyediakan 20 ribu besek bambu sebagai pengganti kantong plastik yang jumlahnya bisa ditambah lagi sesuai kebutuhan pasar," ujar Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin dalam siaran persnya, Rabu (31/7).

Ia mengatakan, rencannya besek bambu itu dijual Rp 2.000 per besek. Penjualan besek bambu akan dilakukan di 112 lokasi pasar yang tersebar di seluruh wilayah ibu kota. Menurut dia, penggunaan besek bambu lebih praktis dan aman dibandingkan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Di tambah lagi kantong plastik sulit terurai dan berpotensi menimbulkan penyakit. "Karena itulah di sini Pasar Jaya mengambil alternatif untuk menjual besek bambu," kata Arief.

Besek bambu ini diharapkan bisa menjadi salah satu kampanye mengurangi sampah plastik. Seperti diketahui sampah plastik setiap harinya masih cukup tinggi di wilayah DKI Jakarta. Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meminta pembagian daging kurban di Hari Raya Idul Adha nanti tidak menggunakan kantong plastik. Masyarakat diimbau menggunakan besek bambu sebagai wadah.

Menurut Anies, hal itu merupakan salah satu strategi mengurangi kemasan sekali pakai, seperti kantong plastik yang tidak ramah terhadap lingkungan. "Tahun ini kita menggalakkan agar kita menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan," kata Anies.

Bagi masyarakat yang ingin berbelanja besek bambu dapat mendatangi ke 37 gerai milik PD Pasar Jaya. Lokasi tokonya adalah Jakgrosir, Koja Kontainer, Jakmart Cikini, Jakmart Pramuka, Jakmart Rawabening, Jakmart Pasar Atom, Jakmart Pasar Asem Reges, Jakmart Duren Sawit, Jakmart UPB Glodok, Jakmart Alaydrus, Jakmart Sunan Giri, dan Jakmart Tanah Abang.

Ada juga di Mini DC UPB Kramat Jati, Mini DC Walang Baru, Mini DC Pasar Tebet Timur, Mini DC Pasar Grogol, Mini DC Pasar Slipi, Mini DC Pasar Pelita, dan Mini DC Pasar UPB Perumnas Klender. Gerai OK Oce Gerai Tani, Gerai OK Oce Balai Kota, Gerai Cupang Slipi, Gerai Susu, Gerai iNpari DKPKP, Gerai siDuck Rorotan, Gerai Fish Angke, dan Gerai Kamal TPI.

Selain itu, besek tersedia di Pasar Rawabadak, Pasar Tomang, Gerai Marhamas, Gerai SPSI Cakung, Pasar Mayestik, Pasar Johar Baru, Gerai Rawalele, Kenari, Gerai Kompak (WalSel), serta Gerai Walikota Jakarta Pusat.

Penjualan besek juga dilakukan di 75 Lokasi Pasar seperti Pasar Tanah Abang Blok G, Pasar Cempaka Putih, Pasar Cideng Thomas, Pasar Gembrong, Pasar Jati Rawasari, Pasar Nangka Bungur, Pasar Pal Merah, Pasar Serdang, Pasar Timbul Kartini, Pasar Gondang Dia, Pasar Bendungan Hilir, dan lain sebagainya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA