Rabu 31 Jul 2019 08:51 WIB

BFI Finance Gelar 'Geekcreathon' di Universitas Amikom

Kebutuhan akan SDM di bidang teknologi informasi sangat tinggi.

BFI GeekCreathon 2019. Direktur Bisnis Placement Center dan Alumni Universitas Amikom Yogyakarta, Kusnawi (kiri) bersama Vice President Human Capital BFI Finance Ariyo Putro menandatangani pakta kerjasama antara Amikom dengan BFI Finance di Yogyakarta, Selasa (30/7/2019).
Foto: Republika/ Wihdan
BFI GeekCreathon 2019. Direktur Bisnis Placement Center dan Alumni Universitas Amikom Yogyakarta, Kusnawi (kiri) bersama Vice President Human Capital BFI Finance Ariyo Putro menandatangani pakta kerjasama antara Amikom dengan BFI Finance di Yogyakarta, Selasa (30/7/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT BFI Finance Tbk (BFI Finance) akan menggelar kompetisi pengembangan proyek perangkat lunak lewat “BFI Geekcreathon 2019” dengan tema Big Data & AI in Financial Services Business, di Universitas Amikom Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung perkembangan industri pembiayaan dengan penerapan teknologi informasi (TI).

BFI Geekcreathon 2019 bertujuan untuk mewujudkan generasi unggulan dengan meningkatkan generasi muda berkualitas dalam negeri, khususnya di bidang teknologi informasi (TI). BFI Finance juga ingin memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan mahasiswi berprestasi untuk berkreasi menciptakan inovasi baru dan mampu bersaing di level global.

Vice President Human Capital BFI Finance, Ariyo Putro, mengatakan, saat ini kebutuhan akan SDM di bidang teknologi informasi sangat tinggi karena peluangnya cukup besar. Namun ketersediaan SDM, khususnya untuk perusahaan pembiayaan ini masih sangat terbatas. 

"Kami ingin menciptakan lebih banyak SDM berkualitas serta unggulan di bidang ini. Kami juga ingin memberikan kesempatan kepada generasi muda Indonesia untuk maju bersama yang mampu bersaing di sektor pembiayaan," kata Ariyo dalam talkshow yang digelar di Universitas Amikom, Selasa (30/7).

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, BFI Finance ingin memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan mahasiswi berprestasi untuk berkreasi menciptakan inovasi-inovasi baru. Penyelenggaraan kegiatan Geekcreathon di Universitas Amikom Yogyakarta ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh BFI Finance.

Dipilihnya Universitas Amikom Yogyakarta dikarenakan perguruan tinggi ini memiliki spesialisasi di bidang teknologi informasi. Selain itu, dipilihnya kota Yogyakarta dikarenakan kota ini dikenal sebagai salah satu kota yang menjadi tujuan bagi para pelajar bertalenta dalam mencari ilmu.

Kegiatan BFI Geekcreathon ini juga sejalan dengan strategi perusahaan untuk menuju go-digital, dimana perusahaan telah menginvestasikan dana yang cukup besar untuk peningkatan infrastruktur dibidang teknologi. 

“Saat ini dunia sedang shifting. Sehingga akan banyak perubahan dalam berbagai hal, dari konvesional ke digital. Dengan go-digital akan menciptakan jutaan kesempatan baru bagi kami. Oleh karenanya kami ingin melangkah dan memperkuat fondasi yang kuat sedari sekarang,” kata Vice President Information Technology BFI Finance, Alexander Ekanayake.

Hadiah total senilai Rp 15 juta disiapkan untuk para pemenang dari tiga kelompok kerja yang terdiri dari maksimum lima anggota. Selain hadiah untuk pemenang, BFI Finance juga membuka kesempatan kerja bagi 10 kandidat potensial dari peserta kompetisi. Ke depannya ke 10 calon karyawan ini dapat bekerja di luar kantor atau remote working, di salah satu co-working space yang berada di Yogyakarta, atau BSD, Tangerang Selatan.

“Kami juga masih mengeksplorasi kerjasama lain yang dapat kami berikan untuk pengembangan keahlian di bidang teknologi ini, dengan menjalin kerja sama lainnya dengan Amikom Yogyakarta. Bagaimana kerjasama ini terlaksana akan kami sampaikan segera,” ujar Ariyo menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement