Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Kemenhub akan Perpanjang Landasan Pacu Bandara Sibisa

Selasa 30 Jul 2019 09:31 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda

bandara perintis (ilustrasi)

bandara perintis (ilustrasi)

Foto: ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Bandara Sabisa dibuka kembali setelah berhenti beroperasi pada 2007.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memperpanjang landasan pacu Bandara Sibisa, Toba Samosir, Sumatra Utara. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan konektivitas transportasi di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba selain dukungan transportasi laut seperti pembangunan 12 pelabuhan penyeberangan di kawasan tersebut.

Landasan pacu bandara tersebut akan diperpanjang menjadi 1.900 meter dari sebelumnya 1.200 meter. Tahun 2020 pembangunan itu ditargetkan selesai.

"Sehingga pesawat komersil yang lebih besar seperti ATR 72 yang membawa wisatawan dapat mendarat langsung ke sini,” kata Budi, Senin (30/7).

Baca Juga

Budi menjelaskan pengembangan Bandara Sibisa diperlukan untuk membagi penerbangan dengan Bandara Silangit. Dia menuturkan antara Bandara Silangit bagian selatan dengan Bandara Sibisa memiliki jarak hampir 200 kilometer.

Dengan jarak tersebut, Budi menilai sudah selayaknya terdapat satu bandara yaitu Sibisa. “Bandara Silangit akan melayani pesawat komersil yang besar, sedangkan di Sibisa melayani pesawat yang lebih kecil seperti ATR 72,” ungkap Budi.

Bandara Sibisa merupakan bandara perintis yang dibangun sejak era Presiden Soeharto pada 1977. Bandara tersebut dioperasikan pertama kali pada 15 November 2006 yang ditandai dengan penerbangan perdana maskapai Susi Air rute Medan ke Sibisa. 

Namun, operasional tersebut hanya bertahan hingga Ferbuari 2007 dan setelah itu ditutup. Setelah 12 tahun, pada Jumat 12 April 2019 penerbangan dibuka kembali yang ditandai dengan uji coba pendaratan pesawat perdana di Bandara Sibisa. Bandara Sibisa saat ini melayani satu penerbangan setiap Jumat dengan rute Bandara Sitoli, Nias-Bandara Sibisa, Danau Toba yang dilayani maskapai Aviastar.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA