Minggu, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Minggu, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Apple Diprediksi Luncurkan 3 Perangkat 5G Tahun Depan

Selasa 30 Jul 2019 08:13 WIB

Rep: Tanayastri Dini Isna(Warta Ekonomi)/ Red: Tanayastri Dini Isna(Warta Ekonomi)

Apple Diprediksi Luncurkan 3 Perangkat 5G Tahun Depan. (FOTO: Reuters)

Apple Diprediksi Luncurkan 3 Perangkat 5G Tahun Depan. (FOTO: Reuters)

Apple diperkirakan meluncurkan tiga perangkat yang kompatibel dengan jaringan 5G

Seiring dengan digelarnya jaringan telekomunikasi kelima di sejumlah negara secara global, produsen telepon pun mulai meluncurkan perangkat yang bisa mengaksesnya. Tak terkecuali Apple, yang diperkirakan meluncurkan tiga perangkat yang kompatibel dengan jaringan 5G pada 2020.

Analis Apple, Ming-Chi Kuo mengeluarkan laporan baru mengenai hal tersebut. Apalagi, perusahaan baru saja mengakuisisi bisnis modem Intel.

"Apple memiliki lebih banyak sumber daya untuk mengembangkan iPhone 5G, setelah mengakuisisi bisnis baseband Intel," catat Huo dalam laporannya, dikutip dari The Verge (29/7/2019).

Tak hanya itu, ia juga memprediksi harga ponsel Android 5G akan turun. Ia pun memprediksi, sebagian besar ponsel Android akan mendukung versi sub-6GHz 5G, bukan versi mmwave yang menawarkan kecepatan lebih.

Baca Juga: Apple Berencana Beli Divisi Bisnis Chip Modem-Smartphone Intel

Kuo menuliskan, "Konsumen akan berpikir, 5G diperlukan pada 2020. Oleh karena itu, model iPhone yang akan dijual dengan harga lebih tinggi harus mendukung 5G untuk memenangkan lebih banyak subsidi dari operator seluler dan daya beli konsumen."

Namun, perusahaan tersebut diprediksi akan bertransisi ke modem 5G Intel secara bertahap, dari perangkat lower-end dan tipe perangkat yang lebih tua, menurut laman McRumours.

"Apple punya persetujuan pengadaan cadangan chipset dengan Qualcomm selama beberapa tahun dan enam tahun persetujuan lisensi paten. Jadi, mereka tak akan melakukan transisi dengan terburu-buru," begitu bunyi laporan tersebut.

Bulan lalu, analis Kuo melaporkan, model iPhone 5,4 inci dan 6,7 inci tahun depan akan mendukung 5G. Perangkat yang ketiga merupakan penerus iPhone XR 6,1 inci.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA