Tuesday, 6 Jumadil Akhir 1442 / 19 January 2021

Tuesday, 6 Jumadil Akhir 1442 / 19 January 2021

BPBD Pandeglang Dorong Penetapan Status Darurat Kekeringan

Senin 29 Jul 2019 17:08 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah

Musim kemarau (ilustrasi).

Musim kemarau (ilustrasi).

Foto: Antara/Arief Priyono
BPBD Pandeglang mencatat meluasnya daerah terdampak kekeringan.

REPUBLIKA.CO.ID,  

 

Pandeglang Segera Tetapkan Status Darurat Kekeringan

Baca Juga

 

PANDEGLANG— Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang mengajukan daerahnya segera menetapkan status darurat kekeringan seiring dengan makin bertambahnya kecamatan terdampak kekeringan. Saat ini sudah ada delapan Kecamatan yang sudah terdampak kekeringan di Pandeglang.  

"Sudah ada delapan Kecamatan terdampak kekeringan. Kita sudah ajukan kepada Bupati untuk menetapkan status siaga darurat kekeringan," terang Kepala Seksi (Kasi) Damkar, Kedaruratan dan Logistik BPBD Pandeglang Endan Permana, Senin (29/7).

Adapun Kecamatan yang sudah ditetapkan terdampak kekeringan adalah Bojong, Picung, Munjul, Sindangresmi, Sukaresmi, Angsana Panimbang, dan Patia. Sementara ini Kecamatan Patian menurutnya adalah Kecamatan terdampak paling parah dengan tiga desa terdampak.

Meski begitu, menurutnya, kekeringan yang terjadi pada Kecamatan di atas tidak terjadi pada semua desanya namun hanya terjadi di satu hingga tiga desa pada suatu Kecamatan. Dua unit mobil tanki air bersih milik BPBD Pandeglang dan bantuan dari Palang Merah Indonesia juga Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) menurutnya sangat membantu penanganan kekeringan yang terjadi selama ini.

"Karena kekeringan terjadi di satu sampai tiga desa dalam satu Kecamatan, saat ini masih bisa kami tangani. Tapi karena semakin bertambah daerah terdampaknya, jadi kami ajukan surat siaga darurat kekeringan," tuturnya.

Dia menambahkan, dengan ditetapkannnya status siaga darurat kekeringan nantinya diharapkan ada tambahan bantuan penanganan dari BPBD Provinsi Banten. Targetnya pekan ini status siaga darurat kekeringan akan direalisasikan di Pandeglang. 

 

 

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA