Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

JK Dorong Lebih banyak Muslimah Jadi Pengusaha

Senin 29 Jul 2019 12:29 WIB

Red: Indira Rezkisari

Jusuf Kalla

Jusuf Kalla

Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Perempuan memiliki peran penting dalam kegiatan perekonomian khususnya UKM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla  mendorong Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) untuk menambah lagi jumlah pebisnis dari kalangan wanita Islam. Pebisnis Muslimah diyakini akan membantu perbaikan ekonomi hingga tercipta kesejahteraan masyarakat.

"Tentu para pengusaha Muslimah bukan hal yang baru, banyak juga di daerah, tetapi perlu didorong lebih banyak lagi. Karena itu harapan saya Ipemi ini dapat memajukan usaha anggotanya dan mengajak Muslimah lainnya sehingga memajukan kita semuanya," kata Wapres pada Rapat Kerja Nasional Ipemi di Jakarta Pusat, Senin (29/7).

Dengan adanya pertemuan seluruh anggota Ipemi, diharapkan kisah sukses Muslimah pengusaha di Indonesia dapat menjadi daya tarik bagi Muslimah lain untuk memulai wira usaha.

Menurut Wapres, perempuan memiliki peran penting dalam kegiatan perekonomian khususnya untuk usaha kecil dan menengah. Karena itu Ipemi diharapkan dapat mengajak Muslimah lain untuk terjun ke dunia usaha.

JK pun menceritakan keberhasilannya hingga saat ini juga tidak lepas dari peran dua perempuan yang terjun di dunia bisnis. Yaitu ibunya, Athirah Kalla dan istrinya, Mufidah Mi'ad Saad.

"Ibu saya, waktu ekonomi keluarga mengalami krisis karena krisis dunia, dialah yang mendukung kami semua. Juga saya di Jakarta ini kalau dihitung penghasilan saya sebagai wapres tidak bisa berjalan baik tanpa dukungan istri saya yang juga pengusaha," ujarnya.

Karena itu, dukungan dan peran perempuan dalam dunia usaha menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah pengusaha Islam sekaligus memperkuat perekonomian.

Ketua Umum Ipemi Ingrid Kansil mengatakan, Rakernas ke-IV tersebut diselenggarakan untuk memberikan pelatihan serta bertukar pikiran antara Muslimah pengusaha dalam mengelola bisnis. Melalui rakernas, Ingrid berharap Ipemi mampu meningkatkan peran dan fungsi strategis dalam membantu pengembangan usaha para Muslimah untuk berkembang dalam pembangunan nasional.


Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA